9 Fakta Menarik Tentang Google Maps yang Belum Kamu Ketahui

gambar
Zals Tekno - Google Maps adalah layanan milik Google yang digunakan untuk mencari lokasi, mencari rute tercepat ke tempat tujuan, bahkan mencari tempat makan terdekat sekalipun. Sekarang bukanlah lagi jaman dimana ketika kita tersesat disuatu tempat lalu bertanya ke orang sekitar, di jaman yang digital ini mencari suatu lokasi adalah hal mudah dengan adanya bantuan Google Maps ini.



Mungkin sebagian dari kamu akan bertanya-tanya "bagaimana sih google bisa membuat peta untuk seluruh dunia yang sangat detail bahkan nama dan deskripsi suatu tempat sekalipun".

Saya akan memberikan beberapa fakta menarik tentang Google Maps yang mungkin akan menghilangkan rasa penasaran kalian ataupun memberi kalian gambaran baru tentang Google Maps ini. Ini dia beberapa fakta menariknya.

    HAARP yang disensor Google Maps
  1. Banyak tempat yang disensor atau disembunyikan google maps, salah satunya adalah High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) atau Program Penelitian Aurora Aktif Frekuensi Tinggi yang terletak di Gakona, Amerika Serikat. Adanya tempat yang disensor ini kemungkinan adalah lokasi vital atau militer yang sangat dijaga privasinya dan tidak boleh diakses orang banyak seperti di Google Maps.
     
  2. Google Maps telah diunduh lebih dari satu miliar kali di Android. Belum dari platform lain, karena hampir semua orang di dunia yang memiliki jaringan internet menggunakan Google Maps.
     
  3. Rata-rata, hampir 250 juta mil ditempuh setiap harinya dengan Google Maps, yang setara dengan lebih dari dua setengah kali jarak dari Bumi ke Matahari! bisa dibayangkan berapa jauh jarak yang ditempuh.
     
  4. Google Maps telah memetakan atau menjelajahi dunia di lebih dari 200 negara dan wilayah. Termasuk negara yang kontroversial, ya Korea Utara!
     
  5. Google Maps menyediakan lebih dari 1 miliar kilometer hasil transit setiap hari. Wajar, karena digunakan oleh hampir semua kalangan dari seluruh dunia yang sedang/ingin bepergian.
     
  6. Google Maps membuat lebih dari 10.000.000.000 alias 10 miliar kaki persegi denah lantai dalam ruangan yang tersedia untuk tampilan desktop dan seluler, denah yang sangat luas.
     
  7. Hampir sepertiga dari semua penelusuran Google Maps seluler adalah penelusuran lokasi, dan penelusuran lokasi di seluler ini meningkat 50% lebih cepat dibandingkan dengan semua jenis penelusuran di seluler.
     
  8. Google Street View capai luar angkasa!. Percaya tidak percaya, google street view tidak hanya ada di bumi saja, melainkan sudah mencapai luar angkasa. Disini kalian dapat melihat Stasiun luar angkasa internasional dengan street view.

  9. Google Maps menggunakan mobil yang dilengkapi kamera 360 di atasnya untuk menjelajahi jalan diseluruh dunia. Hal ini membuat kita bisa melihat tampilan jalan (street view) seluas 360 derajat. Google Maps juga menggunakan sepeda untuk menjangkau jalan yang tidak bisa dilalui mobil.
stasiun luar angkasa di street view

Mobil dan motor google maps

Itu tadi beberapa fakta menarik tentang Google Maps yang saya rangkum dari berbagai sumber. Jika ada yang ingin menambahkan atau bertanya silahkan isi kolom komentar, dan jangan lupa tinggalkan jejak. Sekian, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

9 Komentar

  1. Keren gan , yg saya bingung gmn cara daftar jadi tim survei Google maps ya gan. Soalnya saya pernah daftarin tempat umum dikampung saya dengan mencantumkan nomor hp saya, lalu saya ditelepon untuk memastikan tempat tersebut . Yg saya heran lagi nomornya gak bisa ditelpon balik

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nambahin tempat ke maps ya gan? ditunggu aja mungkin sampai beberapa hari karena akan ditinjau sama tim google maps.. tapi kalo gak muncul2, mungkin belum memenuhi syarat gan hehe

      Hapus
    2. Jika Agan udah level 3 cukup mudah untuk menambahkan tempat yang belum ada.
      Ga ada sehari tempat sudah muncul gan.
      Saran saya Banyak-banyakin memberikan feedback, komentar, nambahin foto. Biar cepet naik level.

      Hapus
    3. Team survey google (Local Guide/ Pemandu lokal) merupakan salah satu produk untuk diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin berkontribusi untuk melengkapi google maps. Caranya cukup mudah karena semua akun google terintegrasi dengan semua produk google. Jadi cukup buka google maps dan pilih jadi pemandu lokal. Mulailah menambahkan tempat yang belum masuk ke dalam google maps. Tunggu review nya. Semakin sering berkontribusi semakin cepat pula naik level. Semoga membantu

      Hapus
    4. yap bener gan, thanks udah bantu nambahin hehe

      Hapus
  2. GoogleMaps sangat user friendly dan mudah dipahami oleh orang awam, seperti saya. Soal tempat sensor, ya sudah pasti lah. Dulu saya pernah baca, ada orang Jepang yang menggugat Google karena gambar di Street View menunjukkan apartemennya ... lengkap dengan jemuran pakaian dalam di jendela. Nggak tahu kelanjutannya gimana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, itu wajar saja karena setiap orang kan punya hak privasi dan itu beda-beda setiap orang

      Hapus
  3. infonya bagus dan keren banget. bener-bener menambah pengetahuan

    BalasHapus

Type above and press Enter to search.