Kecerdasan Buatan Baru dari IBM, Layaknya Otak Manusia - Zals Tekno

Kecerdasan Buatan Baru dari IBM, Layaknya Otak Manusia

gambar
Zals Tekno - (11/09) Saat ini, teknologi kecerdasan buatan atau biasa disebut AI (Artificial Intelligence) hampir menyamai karakteristik manusia. Memang teknologi sekarang ini bisa dikatakan sudah “gila” dan akan semakin “menggila” beberapa tahun ke depan. Kecerdasan buatan ini bisa melakukan tugas yang mampu kita kerjakan seperti penulisan lagu, pengajaran, dan seni visual.

Tapi seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan yang memikirkan kembali dasar kecerdasan buatan (AI) dengan memeriksa kecerdasan kita sendiri sebagai acuannya. IBM adalah salah satu perusahaan itu, mereka telah memulai pencarian ambisius untuk “mengajarkan” AI untuk bertindak layaknya seperti otak manusia.

Manusia belajar secara bertahap. Kita mendapat pengalaman dan pengetahuan dari apa yang kita lihat atau pelajari. Dan otak kita akan menyesuaikan dan menyerap informasi secara berbeda dari berbagai sistem di tubuh kita. Kita juga menggunakan penalaran dan logika untuk memecahkan masalah, hal yang kecerdasan buatan (AI) ini belum mahir dalam menyelesaikannya.

IBM ingin mengubah ini. Sebuah tim peneliti di DeepMind telah menciptakan jaringan syaraf tiruan yang kabarnya menggunakan "penalaran rasional" untuk menyelesaikan tugasnya.

Mesin Penalaran Rasional

Dengan memberi banyak objek AI dan tugas khusus, "Kami secara eksplisit memaksa jaringan (AI) untuk menemukan hubungan yang ada," kata Timothy Lillicrap, seorang ilmuwan komputer di DeepMind dalam sebuah wawancara dengan Science Magazine. Dalam tes jaringan (AI) kembali pada bulan Juni, dipertanyakan tentang sebuah gambar dengan banyak objek. Jaringan ditanya, misalnya: "Ada benda di depan benda biru, Apakah itu memiliki bentuk yang sama seperti benda cyan kecil yang ada di sebelah kanan bola logam abu-abu? "

Dalam tes ini, jaringan (AI) mengidentifikasi dengan benar objek tersebut dengan mengejutkan 96 persen dari wakt. Jika dibandingkan, model pembelajaran mesin (AI) tradisional hanya mencapai 42 sampai 77 persen. Jaringan maju juga cenderung pada masalah kata dan terus dikembangkan dan diperbaiki. Selain kemampuan penalaran, peneliti memajukan kemampuan jaringan untuk memperhatikan dan bahkan membuat dan menyimpan kenangan.

Masa depan pengembangan kecerdasan buatan dapat segera dilakukan dan sangat bisa diperluas dengan menggunakan taktik semacam itu. Menurut Irina Rish, seorang staf riset IBM, dalam sebuah wawancara dengan Engadget, "Pembelajaran jaringan syaraf biasanya direkayasa dan banyak pekerjaan yang benar-benar muncul, dengan arsitektur yang paling sesuai. Cukup banyak pendekatan coba-coba ... Akan lebih baik jika jaringan itu bisa membangun dirinya sendiri. "

Mungkin akan sangat menakutkan kalau memikirkan jaringan AI yang bisa membangun dan memperbaiki diri mereka sendiri. Tapi jika dipantau, dan dikendalikan dengan benar, tentunya akan memberi dampak positif bagi manusia.

Kemajuan teknologi AI ini bisa sangat membantu kita di berbagai bidang seperti medis, membawa manusia sampai ke mars, dan masih banyak lagi. Namun, diluar itu masih banyak perdebatan dan kontra karena AI ini bisa menimbulkan bencana “Robot Takeover” atau pengambil-alihan robot, hmm bagaimana menurut kalian?

referensi: Science Magazine, futurism

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

0 Response to "Kecerdasan Buatan Baru dari IBM, Layaknya Otak Manusia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]