Cara Ampuh Membobol Lockscreen Smartphone yang Terkunci atau Lupa Password - Zals Tekno

Cara Ampuh Membobol Lockscreen Smartphone yang Terkunci atau Lupa Password

gambar
source: techlicious
Zals Tekno - Lockscreen atau kunci layar merupakan salah satu fitur keamanan yang disematkan di semua perangkat smartphone saat ini untuk memastikan smartphone kalian tidak dibobol atau digunakan pihak jahil yang tidak bertanggung jawab.

Kunci layar ini sangat bermanfaat untuk memberi perlindungan untuk smartphone kalian ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti hilang dan jatuh ke tangan orang lain. Namun, bagaimana jika kalian lupa password, pin, atau pattern lockscreen kalian?

Jangan buru-buru untuk membawanya ke tukang servis khususnya bagi smartphone android. Sebenarnya ini bukan hal yang besar dan kalian bisa melakukan beberapa trik untuk mengatasi masalah tersebut. Trik apa sajakah itu? langsung saja kita bahas triknya satu-persatu.

1. Fitur Forgot Pattern

Ketika kalian memasukkan password lockscreen yang salah beberapa kali maka biasanya akan muncul tulisan "forgot password/pattern". Kalian akan diminta untuk memasukkan username dan password akun Google kalian untuk verifikasi kepemilikan smartphone. Jika sudah selesai maka Google akan mengirimkan password/pattern kalian yang lama atau kalian bisa membuat yang baru.

2. Android Device Manager

Ketika smartphone kalian terkunci, salah satu cara efektif yang bisa kalian coba adalah dengan memanfaatkan layanan Android Device Manger. Kalian hanya perlu memilih opsi Lock pada user interface Android Device Manager.

Setelah itu, tunggu beberapa saat dan kalian akan diminta memasukkan password baru untuk menggantikan password/pattern lockscreen kalian yang lama. Proses ini hanya memakan waktu sekitar 5 menit dan kalian sudah bisa kembali menggunakan smartphone Android kalian lagi.

3. Emergency Call

Pernah liat opsi Emergency Call di lockscreen kalian? Fitur tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membobol lockscreen kalian yang terkunci loh. Caranya? Kalian hanya perlu memilih opsi tersebut dan masukkan tanda * sebanyak 10 kali. Setelah itu, double tap pada tanda * tadi kemudian lakukan proses copy paste sampai lockscreen kalian terbuka. Cara ini sebenarnya adalah bug dari android versi Lollipop, selain versi tersbut mungkin tidak akan bekerja.

4. Safe Mode

Safe Mode ini juga bisa membantu kalian membobol lockscreen (khusus lockscreen yang dibuat dengan aplikasi pihak ketiga) yaitu dengan cara menjalankan mode ini terlebih dahulu. Dengan cara tahan tombol power hingga muncul pilihan Turn Off, lalu tahan opsi Turn Off sampai ada pemberitahuan Safe Mode. Nah, untuk membobol lockscreen kalian, cukup hapus seluruh data dari aplikasi lockscreen pihak ketiga yang kalian gunakan.

5. Android Debug Bridge

Untuk Android 4.0 ke atas bisa memanfaatkan fitur Android Device Manager untuk membuka lock screen. Selama perangkat tersebut login menggunakan akun Google, kalian bisa mengendalikannya dari perangkat lain seperti komputer atau laptop.

Untuk membuka ponsel yang terkunci, langkah pertama yaitu silahkan kunjungi halaman Android Device Manager: https://www.google.com/android/devicemanager

Setelah berada di halaman tersebut, login menggunakan akun Google yang sama dengan akun google pada smartphone yang terkunci. Kalian akan diarahkan ke situs yang menampilkan informasi mengenai smartphone tersebut.

Nanti akan ditampilkan password baru yang akan bisa untuk mengganti nomor PIN, Pattern, ataupun password dari lockscreen yang terkunci. Setelah selesai, klik Lock. Secara langsung, Google akan mengubah password lockscreen ponsel Android kalian dalam waktu kurang dari 5 menit. Kemudian masukkan password yang baru tersebut di Lockscreen.

6. Factory Reset

Jika semua cara sudah kalian coba dan masih gagal, satu-satunya cara paling ampuh untuk menyelesaikan masalah kalian adalah dengan melakukan Factory Reset. Tekan dan tahan tombol volume down + power untuk mengakses bootloader dan pilih Recovery Mode. Jika sudah masuk ke Recovery Mode, pilih opsi wipe data atau Factory Reset untuk menghapus lockscreen lama kalian. Atau kalian bisa pilih menu Factory Reset di setting.


Nah, itu tadi cara-cara ampuh yang digunakan untuk membobol lockscreen kalian karena lupa password. Cara ini tentunya aman, selama bukan smartphone curian ya, hehe.

Kalau ada masalah dalam mengaplikasikan cara diatas bisa ditanyakan di kolom komentar di bawah. Jangan lupa subscribe channel Youtube Zals Tekno melalui tombol di pojok kanan atas web ini. Dan subsrcribe blog ini dengan mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru seputar smartphone, komputer dan berita teknologi lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

2 Responses to "Cara Ampuh Membobol Lockscreen Smartphone yang Terkunci atau Lupa Password"

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]