Processor Intel Core-i Generasi 1 sampai 8, Nehalem sampai Coffee Lake - Zals Tekno

Processor Intel Core-i Generasi 1 sampai 8, Nehalem sampai Coffee Lake

gambar
Zals Tekno - Prosesor adalah komponen terpenting dalam komputer setelah motherboard. Banyak orang yang sudah salah kaprah mengenai hal ini, mereka menyebut CPU sebagai komputer atau PC itu sendiri. Padahal yang dimaksud CPU (Central Processing Unit) adalah prosesornya saja.

Intel.. salah satu dari dua perusahaan raksasa dunia yang bergerak di bidang yang difokuskan untuk mikroprosesor dan chipset. Kubu biru ini pasti sangat dikenal semua orang terutama urusan prosesor, mulai dari yang hanya pernah menggunakan komputer sampai yang expert di bidangnya.

Salah satu jenis prosesor andalan mereka di jaman sekarang ini adalah "Intel Core" yang meliputi Intel Core i3, i5, i7 dan bahkan sekarang sudah ada Core i9 yang sudah digunakan pada generasi ke 6. Sebelum diluncurkannya i3,i5, dan i7, kubu biru ini telah sukses dengan Intel Core 2 nya.

Sejak diluncurkan pada tahun 2008 sampai akhir tahun 2017 ini, sudah ada 8 generasi untuk arsitektur Core-i ini. Mari kita bahas mulai dari generasi pertama sampai cucu-cucunya.

1. Nehalem

Arsitektur ini adalah Intel Core pertama yang memberikan perubahan signifikan dibandingkan Intel Core 2. Salah satunya adalah penggunaan socket motherboard dimana Intel Core 2 menggunakan Socket LGA 775. Sementara i3 dan i5 menggunakan socket LGA 1156, dan i7 menggunakan LGA 1137.

Perubahan selanjutnya adalah penggabungan komponen ke dalam chip prosesor yaitu Controller RAM DDR3 langsung dari prosesor. Selain itu Nehalem ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm.

2. Sandy Bridge

Pada tahun 2011 diluncurkan generasi ke-2 untuk Intel Core yaitu Arsitektur Sandy Bridge. Teknologi Sandy Bridge didukung dengan teknik fabrikasi 32 nm dan salah satu fitur barunya adalah memasukkan chip VGA Intel HD Graphics kedalam CPU. Oleh AMD teknologi itu biasa kita sebut APU (Accelerating Processing Unit) atau Fusion.

Dengan penggabungan ini maka kinerja VGA dari intel mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Perubahan lain adalah efisiensi listrik yang disebabkan penggunaan teknologi fabrikasi 32 nm pada Sandy Bridge.

3. Ivy Bridge

Generasi ke-3 dari Intel Core adalah arsitektur Ivy Bridge yang merupakan generasi "Tock" dari Sandy Bridge. Perubahan mendasar pada teknologi ini adalah penggunaan fabrikasi 22 nm sehingga efisiansi daya yang digunakan semakin meningkat. Pada arsitektur ini juga Intel menambahkan dukungan untuk USB 3.0 dan PCI Express 3.0.

Prosesor Ivy Bridge dapat digunakan pada motherboard untuk Sandy Bridge (LGA 1155) namun beberapa fitur seperti USB 3.0 tidak akan dapat berfungsi karena keterbatasan dukungan chipset dari motherboard tersebut.
Apa itu Tock? Tock adalah mikroprosesor atau mikroarsitektur baru. Sedangkan Tick adalah pengecilan atau prosesor baru yang dibuat lebih rapat. Dalam Intel biasa disebut "Tick-Tock"

4. Haswell

Haswell adalah procesor Intel generasi ke-4 yang diluncurkan pada tahun 2013, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat. prosesor Sandy Bridge hanya dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz.

Berbeda dengan Ivy Bridge dan Sandy Bridge yang menggunakan Socket LGA 1155, Haswell memakai socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3. Jika ingin upgrade dari generasi sebelumnya tentu harus membeli motherboard baru. Haswell memiliki internal grafik/VGA lebih baik dari Ivy Bridge, namun masih jauh dibawah eksternal VGA. Selain itu, arsitektur ini masih menggunakan fabrikasi yang sama dengan Ivy Bridge yaitu 22 nm.

5. Broadwell

Diresmikan pada tahun 2014, Broadwell adalah arsitektur generasi ke-5. Broadwell merupakan generasi "Tick" dari Haswell, dimana memiliki fabrikasi 14 nm. Dengan mengecilnya “penampang” pada Intel generasi 5 ini,membuat konsumsi daya makin kecil. Namun memliki performa yang lebih baik 5-20% dari generasi sebelumnya. Sama dengan Haswell, Broadwell menggunakan socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3.

6. Skylake

Intel resmi meluncurkan prosesor Core-i generasi ke-6 pada September 2015. Sama seperti arsitektur sebelumnya, Skylake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Dengan teknologi yang dinamakan "speed shift" memungkinkan prosesor untuk bekerja lebih cepat tapi juga menghemat daya. Skylake menigkatkan performa hingga 50% dari generasi sebelumnya dan menghemat streaming video 4K.

Skylake juga mendukung RAM dengan jenis DDR4 (frekuensi sampai 2133 MHz) dan juga DDR3 (frekuensi 1600 MHz). Yang lebih kerennya lagi baru-baru ini diluncurkan Intel Core i9 yang disematkan di arsitektur ini, Intel juga mengeluarkan Intel Core seri m (m3, m5, m7) untuk Skylake. Arsitektur ini sangat cocok untuk laptop atau notebook gaming. Socket yang digunakan adalah LGA 1151, LGA 2066, dan LGA 3647.

7. Kaby Lake

Intel generasi ke-7 ini diluncurkan secara resmi pada Agustus 2016. Sama seperti 2 generasi sebelumnya, Kaby Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Performanya meningkat sekitar 12% jika dibandingkan dengan Skylake.

Intel Core Generasi ke-7 ini dapat menciptakan pengalaman multimedia yang maksimal. Pengguna dapat merasakan peningkatan grafis dalam bermain game populer dan paling baru, dan menjalankan video 4K dengan lancar tanpa mengalami penurunan fps. Socket yang digunakan adalah LGA 1151 dan LGA 2066.

Hadirnya prosesor Kaby Lake juga menandai persaingan yang akan berjalan ketat antara Intel dan AMD, yang akhirnya mengeluarkan prosesor andalannya yang bernama Ryzen.

8. Coffee Lake

Coffee lake resmi diluncurkan pada Oktober 2017. Ini merupakan PAO (Process-Architecture-Optimization) dari Kaby Lake. Masih sama, Coffee Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm, namun pada versi mobile generasi ke-8 sudah menggunakan fabrikasi 10 nm yang diberi nama Cannonlake. Performa tentunya meningkat dibandingkan generasi pendahulunya.

Salah satu keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya adalah jumlah core yang meningkat. Contohnya Core i3, yang sebelumnya hanya punya dua inti, kini menjadi empat inti. Sementara untuk Core i5 kini mempunyai enam 6, dan Core i7 juga punya enam inti dengan dukungan hyperthreading. Socket yang digunakan adalah LGA 1151, namun Intel tidak mengijinkan untuk digunakan pada 100 dan 200 series.

Generasi selanjutnya yang akan diluncurkan oleh Intel adalah Ice Lake. Menurut situs resmi Intel, arsitektur Ice Lake sudah Pre-release di kuarter 3 tahun 2017 ini. Kita tunggu saja pengumuman peluncuran resmi dari Intel.

Itu tadi 8 generasi dari Intel Core-i yang sudah resmi diluncurkan sampai saat ini. Di artikel berikutnya saya akan membahas rival dari Intel yaitu kubu merah. Penasaran? subscribe dulu untuk mendapatkan notifikasi dan informasi terbaru dengan memasukkan email anda yang ada di bawah artikel ini. Kalau ada pertanyaan atau kesalahan penulisan silahkan berkomentar di bawah. Jika berkenan mohon dishare. Sekian, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

0 Response to "Processor Intel Core-i Generasi 1 sampai 8, Nehalem sampai Coffee Lake"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]