Jenis dan Fungsi Dual Camera pada Smartphone, Jangan Sampai Salah! - Zals Tekno

Jenis dan Fungsi Dual Camera pada Smartphone, Jangan Sampai Salah!

gambar
Zals Tekno - Sampai saat ini, smartphone sudah berkembang sangat pesat bahkan hampir di semua lini dan sektor. Salah satu yang menyita perhatian adalah kamera. Para produsen terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas kamera pada smartphone mereka bahkan sampai menyaingi kamera DSLR sekali pun.

Salah satu teknologi yang cukup menggembirakan bagi para pengguna adalah dengan hadirnya Dual Camera. Salah satu pelopor dual camera ini adalah HTC dengan HTC One M8-nya. Namun hingga saat ini sudah banyak smartphone yang menggunakan dual camera ini, bahkan fitur dan fungsinya berbeda pada setiap "kombinasi" dual camera yang digunakan.

Bagaimana cara kerjanya? Dual Camera mengacu pada smartphone yang memiliki dua kamera (lensa) yang bersebelahan. Bisa di bagian belakang atau di bagian depan. 2 kamera tersebut memiliki sensor yang berbeda dan bekerja dengan caranya masing-masing sehingga menghasilkan kualitas foto yang lebih baik.

Banyak yang mengira jika menggunakan dual camera akan menghasilkan bokeh/depth-of-field yang sangat bagus, tapi tidak sepenuhnya benar karena setiap kombinasi kamera memiliki fungsi yang tidak selalu sama.

Jika kalian berniat membeli smartphone dengan dual camera sebaiknya kalian mengetahui apa saja jenis-jenisnya dan kelebihan masing-masing "kombinasi". Kali ini akan kita bahas satu-persatu jenis dual camera apa saja yang digunakan pada smartphone saat ini beserta fungsinya.

Jenis dan Fungsi Dual Camera Smartphone



1. Wide Angle / Super Wide Angle

Sesuai dengan namanya, Wide Angle membuat sudut pandang objek menjadi lebih lebar dan luas. Kamera biasa pada umumnya dapat memotret dengan sudut pandang 78 derajat. Sementara berkat kombinasi ini, kamera bisa memotret dengan sudut pandang 135 derajat atau lebih.

Sudut pandang ini bahkan lebih besar daripada sudut pandang mata manusia sendiri. Dan hasilnya bisa dibilang sangat mirip dengan GoPro.

2. RGB dan Monokrom

Kombinasi ini memberikan pengaturan foto dengan kontras yang lebih baik. Salah satu kamera akan menangkap foto berwarna atau RGB sedangkan yang lain menangkap foto monokrom alias hitam putih saja.

Dual kamera tipe ini juga diklaim mampu meminimalisir noise pada foto sehingga hasil foto bisa terlihat lebih jelas.

3. Telephoto

Sebagian besar pengguna menganggap bahwa menggunakan dual camera pada smartphonenya bisa menghasilkan foto bokeh yang sangat baik, mungkin dual camera jenis ini lah yang dimaksud. Mengusung kombinasi antara kamera Wide Angle dengan Telephoto yang bisa melakukan optical zoom sampai 2 kali dan digital zoom sampai 10 kali.

Sangat cocok untuk menangkap gambar dengan detail yang sangat tinggi seperti embun di pagi hari atau penampang daun. Dual kamera jenis ini biasanya juga memiliki fitur Portrait yang bisa menghasilkan foto portrait dengan background blur atau bokeh.



Nah itu tadi 3 jenis dual camera beserta fungsinya. Udah gak bingung lagi kan? Semoga kalian bisa lebih mengetahui jenis dual camera pada smartphone baik yang sudah dimiliki maupun yang akan dibeli. Tentunya jika ingin membeli smartphone dengan dual camera sesuaikan juga dengan kebutuhan kalian ya.

Kalau ada yang punya pendapat silahkan komentar dibawah ya. Jangan lupa subscribe channel Youtube Zals Tekno melalui tombol di pojok kanan atas web ini. Dan subsrcribe blog ini dengan mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai gadget dan teknologi lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

0 Response to "Jenis dan Fungsi Dual Camera pada Smartphone, Jangan Sampai Salah!"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]