Pengertian dan Jenis Stop Motion - Zals Tekno

Pengertian dan Jenis Stop Motion

gambar
Zals Tekno - Stop Motion adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan.

Dilihat dari namanya animasi stop motion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.

Boneka/mainan yang dapat digerakan atau figur tanah liat sering digunakan dalam stop motion karena alasan mudahnya menggerakkan dan mengembalikan seperti semula. Animasi Stop Motion yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liat atau clay mation.

Sejarah Stop Motion

Teknik stop-motion animasi pertama kali ditemukan oleh Stuart Blakton pada tahun 1906 yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, lalu diambil gambarnya menggunakan still camera, kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya. Tehnik stop-motion animasi ini sering digunakan dalam visual effect untuk film-film di era tahun 50-60-an bahkan sampai saat ini.

Contoh nyata dari teknik ini adalah suksesnya film pendek "Wallace and Gromit" yang bisa ditonton di YouTube.

Baca Juga: 4 Aplikasi Stop Motion Android Terbaik

Jenis-Jenis Stop Motion


1. Animasi Cut Out

Cut Out adalah teknik animasi yang digunakan untuk membentuk sebuah animasi, yang cara pembuatannya membuat potongan gambar yang sesuai bentuk yang diinginkan. Animasi ini dibuat dengan menggunakan alat peraga dan karakter yang datar.

Latar belakang yang digunakan biasanya terbuat dari kertas, kain, atau foto, tergantung keperluan juga. Saat ini jenis seperti ini sering diproduksi dengan komputer, yang biasa dilakukan adalah dengan gambar discanning.


2. Animasi Clay

Jenis animasi stop motion ini menggunakan clay atau tanah liat atau bahan-bahan elastis yang bisa dibentuk, sebagai objek yang gerakan. Clay atau tanah liat biasanya di transform menjadi bentuk – bentuk yang diinginkan.

Biasanya stop motion memang banyak menggunakan jenis ini. Animasi yang menggunakan tanah liat ini seperti Gumby and Pokey, Chicken Run, dan Corpse Bride.


3. Animasi Puppet (Wayang/Boneka)

Jenis animasi stop motion ini biasanya melibatkan tokoh boneka atau wayang atau figur lainnya yang merupakan penyederhanaan dari bentuk alam yang ada. Figur atau boneka tersebut biasanya terbuat dari bahan-bahan yang memang mempunyai sifat yang lentur (plastik) dan mudah untuk digerakan saat melakukan pemotretan bingkai per bingkai.

Bahan yang biasanya digunakan adalah kayu yang muda diukir, kain, kertas, tanah liat, dan lain sebagainya, yang dapat menciptakan karakter yang tidak kaku.


4. Animasi Pixilation

Jenis animasi stop motion ini menggunakan aktor hidup, dimana aktor hidup ini berperilaku selayaknya boneka. Pemotretannya seperti pada stop motion biasanya, sang aktor berpose berulang-ulang untuk satu atau lebih frame yang diambil dan bergerak sedikit demi sedikit ke frame berikutnya seperti boneka yang digerakan.


5. Animasi Grafis / Graphic Animation

Variasi dari animasi stop motion ini adalah variasi yang lebih konseptual daripada animasi tradisional bidang datar dan animasi stop motion dengan jenis cut out. Tapi secara teknis jenis animasi stop motion tersebut menggunakan foto atau gambar sebagai objek animasi.


6. Animasi Objek / Object Animation

Jenis animasi stop motion ini menggunakan benda-benda seperti boneka, kaleng, atau balok, dimana benda-benda tersebut yang digunakan tidak seperti tanah liat yang mudah dibentuk dan lunak.


7. Animasi Siluet / Silhoutte Animation

Jenis stop motion ini adalah animasi yang digunting dan dirangkai sebagai bayangan (hitam) gambar gelap. Teknik ini di pelopori oleh Lotte German Reiniger. Saat ini animasi siluet masih digunakan sebagai karya seni.


Sekarang sudah jelas kan apa itu Stop Motion, sejarahnya, sampai jenis-jenisnya. Kalau masih ada yang kurang jelas bisa kalian tanyakan di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa subscribe channel YouTube Zals Tekno melalui tombol di pojok kanan atas web ini. Dan subscribe blog ini dengan mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai android, gadget dan teknologi lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

0 Response to "Pengertian dan Jenis Stop Motion"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]