Aplikasi Pembuat Game Android Terbaik

Aplikasi Pembuat Game Android Terbaik
Zals Tekno - Android merupakan sistem operasi untuk smartphone maupun tablet pc milik Google yang sangat populer di dunia termasuk di Indonesia. Seiring dengan kemajuan teknologi khususnya smartphone, tentu tidak lepas dari yang namanya game.

Sudah banyak game-game berkualitas yang dibuat oleh para developer ternama untuk smartphone termasuk android.


Bagi kalian yang ingin menjadi developer game android atau ingin mencoba "bagaimana sih caranya membuat game?" atau ingin merasakan sensasi menjadi pembuat game, tidak usah khawatir karena saya akan membagikan rekomendasi aplikasi apa saja yang digunakan untuk membuat game android bagi kalian para pemula yang tentunya sangat gampang dipelajari. Mari kita bahas satu-persatu.

Aplikasi Pembuat Game Android Terbaik


1. Unity3D

Yang pertama ada Unity3D. Aplikasi game maker ini sudah terkenal dikalangan developer game tidak hanya Android, tapi juga diberbagai platform seperti PC, Playstation, XBOX, dan lainnya. Banyak game-game berkualitas yang dibuat dengan Unity3D ini yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, hehe...

Kamu bisa memiliki aplikasi ini dengan mengunjungi situs resmi Unity3D dan mengunduh versi yang sesuai kebutuhan, jika anda masih pemula atau baru belajar saya sarankan memilih Unity Personal karena free alias gratis

Tapi kelemahan aplikasi ini untuk pemula adalah harus bisa coding, jadi bagi kamu yang ingin serius membuat game atau belajar dari awal setidaknya harus belajar coding dulu ya hehe..


2. Construct 2

Selanjutnya ada Construct 2. Construct 2 adalah game maker berbasis HTML5 yang didesain khusus untuk game 2D. Bagi kamu yang ingin membuat game tapi tidak bisa coding atau pusing melihat rumus-rumus yang rumit, aplikasi ini adalah solusinya. Kamu bisa membuat game 2D yang seru dengan mudah tanpa harus bisa coding.

Kamu bisa memiliki game ini secara gratis untuk versi nonkomersial, namun jika kamu ingin menjual game ini kamu harus membayar lisensi sesuai dengan keuntungan yang kamu dapatkan.


3. GameSalad

Di urutan ketiga ada GameSalad. Tak jauh beda dari Construct 2, aplikasi tidak mengharuskan kita untuk bisa coding dan dengan sistem "drag and drop" nya yang memudahkan bagi yang belum memiliki pengalaman programming.

Salah satu fitur andalan dari aplikasi ini adalah fitur Monetization. Fitur ini bisa menambah penghasilan kita melalui iklan ataupun In-App Purchase.

Aplikasi ini bisa di unduh di situs resmi GameSalad. GameSalad menyediakan versi gratis untuk pengguna biasa dan yang berbayar yaitu versi Pro yang tentunya lebih kaya fitur.

4. Cocos2d-x

Sama seperti Unity3d, para pengguna engine ini dituntut untuk memiliki pengalaman programming baik dalam bahasa C++, Lua, maupun JavaScript. "Contra: Evolution" adalah salah satu game tersukses yang pernah dibuat menggunakan aplikasi ini.

Cocos2d-x adalah aplikasi Open Source sehingga para pengguna dapat menggunakan aplikasi ini gratis sampai kapanpun. Game yang dibuat bisa digunakan di berbagai platform seperti Android, iOS Windows Phone, HTML5, Windows, BlackBerry, dan Web.

5. RPG Maker

Dan yang terakhir ada RPG Maker. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini membantu kita dalam membuat game bergenre RPG. Disini kamu bisa merancang game dan alur ceritanya tanpa harus bisa coding.

RPG Maker ini mempunyai banyak varian, diantaranya: RPG Maker MV, VX Ace, VX, dan XP. Namun sayangnya jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini lebih dari 30 hari maka kamu diharuskan membayar, dengan kata lain RPG Maker hanya memberikan 30 hari free trial untuk masing-masing versi. Kamu bisa download di situs resmi RPG Maker.


Nah itu tadi beberapa aplikasi yang digunakan untuk membuat game Android versi Zals Tekno. Semoga bisa menjadi referensi kalian yang baru belajar membuat game. Bagi yang ingin menambahkan atau bertanya silahkan isi kolom komentar, supaya kita bisa saling sharing karena saya juga baru belajar membuat game hehe... . Dan kalau kalian ingin request post apa saja yang berhubungan dengan teknologi silahkan juga. Sekian, semoga bermanfaat :)

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

2 Komentar

  1. Ada tutorial cara membuatnya nggak gan? Newbie seperti saya butuh pengarahan nih.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tutornya masih blum gan.. saya juga masih belajar hehe..
      kalo mau cari di youtube aja gan ada banyak, semoga membantu :)

      Hapus

Type above and press Enter to search.