Cara Membuat Monitor PC Kedua dengan Android

Membuat Monitor PC Tambahan
Zals Tekno - Komputer atau PC di era modern ini mungkin sudah menjadi suatu kebutuhan semua kalangan. Sebagian dari kita pasti sering melihat orang menggunakan 2 monitor sekaligus untuk PC-nya baik di Youtube maupun kehidupan nyata. Adanya 2 monitor ini akan sangat membantu kita jika ingin multitasking yang akan terlihat lebih profesional dan keren pastinya. Namun kendalanya adalah harus mengeluarkan modal lebih untuk membeli monitor tambahan.

Bagi kamu yang ingin menggunakan monitor tambahan tapi gak mau keluarin duit lebih atau memang gak punya duit, ada solusinya nih. Kamu bisa menggunakan hp android kamu sebagai monitor tambahan. Mau tau caranya? simak penjelasaanya berikut.

Cara Membuat Monitor PC Kedua Gratis


Bahan-bahan

  • Aplikasi Spacedesk untuk PC sebagai server. Download disini atau link alternatif disini (64 bit)
  • Aplikasi Spacedesk untuk Android, bisa download di playstore disini.
  • Koneksi WiFi

Langkah-langkah

  • Pertama, instal Spacedesk server di PC sesuai sistem operasi windows(32 atau 64 bit). Instal juga Spacedesk di android. Setelah itu restart PC kamu.
  • Selanjutnya, pastikan PC dan Android kamu terhubung ke jaringan WiFi yang sama.
  • Setelah itu, ketahui alamat IP komputer/PC kamu dengan buka cmd (tekan Windows+R, ketik cmd), lalu ketik "ipconfig" (tanpa petik), dan lihat pada IPv4 Address itulah alamat IP komputer kamu.
screenshot cmd ip address

  • Terakhir, buka aplikasi Spacedesk di Android kamu lalu masukkan alamat IP komputer/PC kamu atau pilih Auto Network Search jika sudah cocok dengan nama PC kamu. Lalu klik connect.
screenshot spacedesk android

Pengaturan

Sekarang kamu sudah mempunyai android sebagai monitor tambahan. Kamu dapat menggeser window ke monitor lainnya dengan cara drag and drop. Untuk pengaturan bisa klik kanan di desktop, pilih screen resolution atau display setting.

screen resolution setting
Monitor 1 adalah monitor utama / PC, monitor 2 adalah monitor android. Kamu bisa mengaturnya sesuai keinginan dan kebutuhan.

Baca juga:

    Itu tadi beberapa tips dari membuat monitor tambahan dengan android, mudah kan?. Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan bisa isi di kolom komentar. Saran dan masukan dari anda juga akan sangat saya apresiasi. Sekian, Semoga bermanfaa.

    Silahkan berkomentar dengan sopan :)
    Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
    Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
    [Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

    5 Komentar

    1. Wah, keren.. Android bisa jadi monitor juga ternyata...

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya gan lumayan bisa multitasking kecil"an haha

        Hapus
    2. ini ngaruh ke RAM nya gak ya gan? soalnya RAM saya kecil

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sepertinya gak terlalu signifikan, bisa dicoba langsung :)

        Hapus

    Type above and press Enter to search.