Cara Mengubah Harddisk Internal PC "Rusak" Menjadi Eksternal

gambar
Zals Tekno - Mungkin banyak dari kalian yang masih memiliki komputer atau laptop rusak yang tidak terpakai. Tapi jangan buru-buru untuk menjualnya di tukang rongsokan atau membawanya ke tukang servis.

Biasanya tukang servis "nakal" akan mengganti komponen laptop/komputer kita yang asli dengan yang palsu apalagi kalau kita tidak mengerti sama sekali tentang komputer.


Mungkin masih ada bagian dari komputer/laptop kalian yang masih bisa digunakan salah satunya  HDD atau harddisk.

Harddisk internal yang ada di komputer/laptop kita yang rusak ini bisa disulap menjadi Harddisk eksternal dengan mudah. Syaratnya harddisk yang akan digunakan tidak boleh yang rusak alias sudah tidak bisa digunakan sama sekali, yaiyalah.. hehe.

Sebagai contoh saya menggunakan harddisk SATA 3 merk seagate dari laptop saya yang sudah rusak. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat harddisk internal menjadi eksternal.

Baca Juga: Cara Mengubah Laptop Bekas Menjadi PC Desktop

Mengubah Hard Disk Internal Menjadi Hard Disk Eksternal


1. Siapkan harddisk yang akan digunakan, bisa ambil dari komputer atau laptop kalian yang sudah tidak terpakai atau rusak.

gambar

2. Siapkan juga casing harddisk, saya menggunakan casing yang langsung ada penghubung/port untuk harddisk SATA dan kabel penghubung ke USB. Belilah casing yang sesuai dengan jenis harddisk kalian. Kalian bisa mendapatkannya di toko komputer atau online shop, kisaran harga sekitar 50 sampai 100 ribu.

gambar

3. Hubungkan harddisk dengan port yang tersedia di casing, kencangkan jangan sampai terlepas nanti saat terjadi sesuatu.

gambar

4. Tutup casing, hubungkan casing dengan kabel USB dan TARAA!! Sekarang anda sudah punya harddisk eksternal baru yang siap untuk digunakan.

gambar

Jika kalian memiliki Harddisk selain SATA 3, kalian bisa membeli casing yang sesuai dengan tipe Harddisk kalian

Mudah sekali kan? dengan modal sedikit saja kalian bisa memiliki harddisk eksternal yang baru, tidak perlu membeli lagi. Kalau mau menambahkan atau bertanya silahkan isi kolom komentar dibawah. Jangan lupa subscribe channel Youtube Zals Tekno melalui tombol di pojok kanan atas web ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

5 Komentar

  1. Terimkasih Bang Infonya Bermanfaat

    BalasHapus
  2. kalau pakai harddisk yang masih ada OS nya apakah bisa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, kalau file OSnya mau dihapus bisa di format, kalau mau dibiarin aja juga bisa :D

      Hapus

Type above and press Enter to search.