Mengatasi Driver Error AMD RX460 Di Laptop Asus X550IU, K550IU, FX550IU

Zals Tekno - Memang tak banyak pengguna laptop yang berchipset AMD saat ini, karena memang laptop jenis ini lebih sedikit dibanding laptop dengan chipset Intel + Nvidia. Walaupun sekarang sudah ada AMD Ryzen namun tetap kalah jumlahnya dibanding laptop berchipset Intel.

Seringkali saya menemukan kendala dengan penggunaan graphic card AMD ini, khususnya yang saya temukan di laptop Asus X550IU yang spesifikasinya sama dengan laptop Asus K550IU dan FX550IU. Masalah yang muncul adalah Display Driver yang error.


Mengapa bisa demikian? Analisis pertama saya adalah karena driver kurang update atau versi driver yang digunakan tidak cocok. Alhasil saya mencoba update driver melalui Device Manager yang di Pengaturan. Setelah terinstal ternyata tidak berubah, error tetap muncul dan ditambah setiap kali selesai boot ada tulisan seperti dibawah.

Akhirnya saya menemukan cara agar driver tidak error lagi dan berjalan normal. Bagaimana caranya? simak langkah-langkah berikut. Saya bagi langkah ini ke dalam 2 garis besar.


Langkah Pertama

1. Buka web Asus dan cari "Driver and Tools" untuk laptop seri X550IU, atau klik disini

2. Masukkan OS Windows yang anda gunakan

3. Cari dan Download BIOS dan BIOS-Utilities

4. Extract keduanya

5. Buka folder winflash dari BIOS-Utilities dan jalankan setup.exe

6. Buka aplikasi winflash, klik next

7. Klik Get BIOS from Device, cari dimana anda menyimpan file BIOS (hasil extract tadi)

8. Klik Update dan tunggu sampai selesai

9. Klik exit agar Windows reboot secara otomatis dan memperbarui BIOS


Langkah Kedua

1. Cari driver Radeon Adrenalin 18.2.1 atau klik disini

2. Download sesuai OS Windows anda

3. Jalankan file driver tersebut

4. Klik Accept and Install >> Pilih Express Install (terinstal di C:\Program Files\AMD\ atau Custom Install (pilih tempat install sendiri)

5. Tunggu prosesnya sampai selesai lalu klik Restart Now

6. Selesai


Ikuti semua langkah diatas satu persatu, semoga masalah display driver error pada laptop kalian bisa teratasi. Jika ada kendala atau masalah silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah.

Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

3 Komentar

  1. bang mohon info untuk update yang sekarang bangg.. soalnya udah nyoba2 driver tetep yang kedetect cuma R7 nya. yang RX460 nya gabisaa :( kalua ada info kabarin DM ya bang @cholis.ore terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bios update 04/19/2019

      Hapus
    2. Detectnya pakai aplikasi apa ya bang? kalau di aplikasi kaya cpu-z memang tidak ke-detect rx460 nya karna rx460 cuma nyala kalau dibutuhkan aja seperti main game atau pekerjaan berat. Pernah saya akalin saya buka game dulu dan akhirnya ke-detect (saya lupa itu detectnya pakai aplikasi apa). Semoga membantu :)

      Hapus

Type above and press Enter to search.