Cara Mengetahui Blog yang Mengcopy Artikel Kita

Zals Tekno - Sekarang ini, blog sudah berkembang sedemikian rupa dari beberapa tahun lalu. Hampir semua orang sudah mengenal apa itu blog, dan tidak sedikit juga dari mereka yang ikut meramaikan atau sekedar ikut-ikutan dalam dunia "blogging" ini.

Banyak sekali jenis-jenis blogger (Indonesia khususnya) mulai dari gaya bahasa, penulisan, karakter, bahkan sifatnya. Dari sekian banyak blogger, yang paling dimusuhi dan dihindari para blogger adalah sifat blogger yang pemalas.

Pemalas disini artinya mereka hanya menyalin artikel orang lain dan memublikasikannya di blog mereka. Mereka tidak punya gaya bahasa, cara penulisan, bahkan karakter. Karena semua artikelnya adalah hasil copas (copy paste) dari blogger lain yang sudah susah payah membuat artikel tersebut. Belum lagi kalau mereka tidak mencantumkan sumber artikel yang asli.

Yang parahnya lagi dan membuat para blogger geram adalah ketika mereka menyalin artikel orang dan posisi artikel hasil copas mereka di search engine lebih tinggi dari artikel aslinya. "Gimana gak kesel coba.."

Nah, untuk mengatasi hal tersebut saya akan memberikan tips bagaimana cara mengetahui blog nakal yang menyalin artikel milik kita. Langsung saja kita mulai.

Yang pertama. Buka artikel milik kalian yang ingin di cek, Copy beberapa kalimat dari artikel itu (bebas)
gambar

Buka pencarian google dan paste-kan kalimat yang kalian copy sebelumnya. Tambahkan tanda petik dua (") diawal dan diakhir kalimat itu, lalu klik enter


gambar

Disana akan muncul blog yang memiliki artikel/cuplikan kalimat tersebut, jika hanya ada blog kalian, maka.. Selamat! tidak ada yang mengcopas (mentah-mentah) artikel kalian. Tapi jika ada blog lain yang "nangkring" di halaman tersebut maka.. Selamat! artikel anda telah di copas mentah-mentah
gambar
Sangat mudah kan? Setelah kalian tau siapa "pelaku"nya, kalian bisa langsung mengirimi pesan ke orang tersebut agar segera memperbaiki kesalahannya. Setidaknya untuk mencantumkan sumber dan memberi backlink kepada pemilik artikel.

Atau bisa juga langsung melaporkannya kepada pihak "yang berwajib" agar segara di tindak-lanjuti (untuk tutorialnya akan saya berikan di artikel berikutnya). "Ayo bersama-sama berantas pelaku peng-copas-an" hehehe...

Kalau ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar. Jangan lupa subscribe channel Youtube Zals Tekno melalui tombol di pojok kanan atas web ini. Dan subsrcribe blog ini dengan mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi, tips dan trik terbaru. Sekian, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

4 Komentar

  1. Ga ada cara lain yg lebih praktis ya gan, supaya nggak harus satu persatu kita buka artikel blog...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada cara lain pakai website checker (salah satunya copyscape), disana nanti diminta masukkan link artikelnya, tapi website seperti itu tidak sepenuhnya akurat..

      Nanti saya update lagi artikelnya, terimakasih masukannya mas :)

      Hapus

Type above and press Enter to search.