20 Macam Adobe dan Fungsinya, Lengkap! - Zals Tekno

20 Macam Adobe dan Fungsinya, Lengkap!

gambar
Zals Tekno - Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengenal aplikasi ini, khususnya lagi yang menekuni bidang desain. Adobe adalah perusahaan aplikasi/software yang bergerak di bidang grafis, animasi, video, dan pengembangan web.

Adobe Photoshop adalah salah satu yang paling terkenal karena menurut saya aplikasi ini memang mudah untuk digunakan. Atau Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effect yang terkenal di bidang pembuatan dan pengeditan video ataupun film.

Ternyata selain aplikasi-aplikasi diatas masih banyak lagi aplikasi dari Adobe, mau tau? kita simak macam-macam Adobe beserta fungsinya di bawah ini. Kita urutkan sesuai abjad yaa


1. Adobe Acrobat

Acrobat adalah program aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen berekstensi PDF (Portable Document Format). Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat membuat file PDF dari berbagai sumber dalam format apapun secara mudah. Aplikasi ini juga bisa mengkonversi file format PDF ke file dengan format office.

2. Adobe After Effects

After Effect adalah aplikasi yang cukup terkenal di bidang pembuatan video dan film terutama dalam penambahan efek visual khusus. Banyak sekali film-film Hollywood yang dikerjakan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini banyak memiliki fitur yang membantu para editor membuat efek-efek yang spektakuler.

3. Adobe Audition

Adobe Audition merupakan program pengolah file multimedia khususnya file audio/suara.Dengan Adobe Audition kita dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format.

4. Adobe Authorware

Adobe Authorware adalah flowchart berbasis, grafis bahasa pemrograman . Authorware digunakan untuk membuat program interaktif yang dapat mengintegrasikan berbagai konten multimedia, khususnya e-learning aplikasi. Model flowchart membedakan Authorware dari lainnya alat authoring , seperti Adobe Flash yang mengandalkan pada, waktu line-tahap visual dan struktur script.

5. Adobe Bridge

Adobe bridge merupakan sebuah aplikasi manajemen aset digital yang dibuat oleh Adobe untuk mengelola file-file digital seperti editing video, foto, dll, atau yang biasa kita sebut di Windows adalah Windows Explorer, yang biasa kita gunakan untuk mencari dimana data kita disimpan.

6. Adobe Dreamweaver

Dreamweaver merupakan program aplikasi yang sering digunakan untuk mengedit halaman web. Program ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fitur-fiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya.

7. Adobe Director

Adobe Director adalah authoring tool untuk multimedia denngan standar industri dan internet.
Adobe Director menghasilkan animasi seperti teknik teknik pembuatannya yang muddah dilakukan oleh animator dengan cara konvensional.

8. Adobe Fireworks

Adobe Fireworks adalah salah satu dari berbagai program adobe yang digunakan untuk mendesain sebuah web. Yang berbeda dari saudara-saudaranya seperti photoshop, illustrator, dan program desain lain adalah kemampuannya untuk mendesain web dengan mudah.

9. Adobe Flash

Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Adobe Flash Player biasanya digunakan untuk memutar video yang beredar di internet.

10. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator merupakan aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor. Berbeda dengan Adobe Photoshop, Adobe Photoshop merupakan aplikasi pengolah gambar raster atau bitmap. Cara membedakan gambar vektor dan gambar raster adalah dengan cara diperbesar (zoom). Jika gambar terlihat pecah-pecah, maka gambar tersebut termasuk jenis gambar raster. Jika gambar tidak terlihat pecah-pecah maka gambar itu adalah vektor.

11. Adobe InCopy

Adobe InCopy adalah program pengolah kata profesional yang terintegrasi dengan Adobe InDesign. InDesign digunakan untuk mempublikasikan materi cetak, termasuk surat kabar dan majalah, sedangkan InCopy digunakan untuk pemrosesan kata umum. Perangkat lunak ini memungkinkan editor untuk menulis, mengedit, dan merancang dokumen.

12. Adobe InDesign

Adobe Indesign merupakan software grafis keluaran adobe yang berfungsi melakukan tugas pelayoutan. Adobe Indesign sendiri merupakan penyempurnaan dari software Adobe pagemaker. Dengan fitur yang lebih mudah digunakan tentunya. Dengan Adobe Indesign pekerjaan di bidang layout akan semakin mudah. Contohnya adalah desain layout koran, buku, halaman, dan sebagainya.

13. Adobe PageMaker

Sama seperti InDesign, PageMaker adalah salah satu program design grafis yang digunakan untuk mendesain publikasi, brosur, majalah, kartu, poster dan lain-lain. Page maker memiliki kemampuan lebih dalam hal pengaturan halaman dan layout pembuatan buku.

14. Adobe Photoshop

Ini dia si program yang paling terkenal besutan Adobe, Photoshop. Photoshop adalah program aplikasi yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Walaupun Photoshop juga bisa digunakan untuk membuat gambar/grafis.

15. Adobe Photoshop Lightroom

Apa bedanya dengan Photoshop? Walaupun Photoshop bisa digunakan untuk mengedit foto dan retouch foto, Lightroom lebih di khususkan untuk retouching foto seperti tone dan warna. Fiturnya pun relatif lebih mudah digunakan dibandingkan retouch foto menggunakan Photoshop.

16. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah program yang dibuat untuk editing video dan bagian dari Adobe Creative Suite, rangkaian desain grafis, editing video, dan pengembangan aplikasi web yang dibuat oleh Adobe Systems. Premiere Pro mendukung beberapa jenis pengeditan video dan tersedia berbagai plug-in yang dapat memudahkan proses pengeditan.

17. Adobe Presenter

Adobe Presenter adalah sebuah plug-ins pada microsoft powerpoint dimana kita dapat membuat presentasi menjadi lebih interaktif. Pada plug-ins ini anda bisa menambahkan video, atau audio sesuai dengan keinginan, selain itu adobe presenter juga menyediakan fitur insert SWF (animasi flash) tanpa harus membuat Shockwave flash terlebih dahulu.

18. Adobe Reader

Sama seperti namanya, Adobe Reader atau Adobe Acrobat Reader digunakan untuk membaca, memberi notasi, mencari, verifikasi, menandai secara digital dan mencetak data dengan format Portable Document Format atau PDF.

19. Adobe Shockwave Player

Adobe Shockwave Player berfungsi untuk memutar konten multimedia yang tedapat pada blog atau website yang sedang kita kunjungi. Dan Adobe Shockwave ini merupakan program teknologi yang berfungsi sama seperti Adobe Flash Player, tetapi lebih dikhususkan untuk keperluan perangkat tiga dimensi, seperti Game atau demo.

20. Adobe Soundbooth

Adobe Soundbooth adalah program penyunting suara dan musik dari Adobe Systems. Termasuk dalam Creative Suite 6, tetapi bisa dibeli sendirian. Program ini banyak digunakan untuk pengolahan suara audio, membuat musik, dan mengedit musik mirip seperti Adobe Audition.


Sebenarnya masih ada lagi beberapa program dari Adobe yang tidak saya sebutkan di atas karena memang fungsinya hampir benar-benar sama. Program yang saya sebutkan di atas adalah program yang paling sering digunakan.

Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

1 Response to "20 Macam Adobe dan Fungsinya, Lengkap!"

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]