Urutan Generasi Processor Intel Core, Pertama sampai Terbaru 2023

Gambar

Zals Tekno - Prosesor adalah komponen terpenting dalam komputer setelah motherboard. Banyak orang yang sudah salah kaprah mengenai hal ini, mereka menyebut CPU sebagai komputer atau PC itu sendiri. Padahal yang dimaksud CPU (Central Processing Unit) adalah prosesornya saja.

Intel, salah satu dari dua perusahaan raksasa dunia yang bergerak di bidang yang difokuskan untuk mikroprosesor dan chipset. Kubu biru ini pasti sangat dikenal semua orang terutama urusan prosesor, mulai dari yang hanya pernah menggunakan komputer sampai yang expert di bidangnya.

Salah satu jenis prosesor andalan mereka di jaman sekarang ini adalah "Intel Core" yang meliputi Intel Core i3, i5, i7 dan bahkan sekarang sudah ada Core i9 yang sudah digunakan pada generasi ke 6. Sebelum diluncurkannya i3,i5, dan i7, kubu biru ini telah sukses dengan Intel Core 2 nya.

Sejak diluncurkan pada tahun 2008 sampai akhir tahun 2019 ini, sudah ada 10 generasi untuk arsitektur Core-i ini. Mari kita bahas mulai dari generasi pertama sampai cucu-cucunya.

1. Nehalem

Arsitektur ini adalah Intel Core pertama yang memberikan perubahan signifikan dibandingkan Intel Core 2. Salah satunya adalah penggunaan socket motherboard dimana Intel Core 2 menggunakan Socket LGA 775. Sementara i3 dan i5 menggunakan socket LGA 1156, dan i7 menggunakan LGA 1137.

Perubahan selanjutnya adalah penggabungan komponen ke dalam chip prosesor yaitu Controller RAM DDR3 langsung dari prosesor. Selain itu Nehalem ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm.

2. Sandy Bridge

Pada tahun 2011 diluncurkan generasi ke-2 untuk Intel Core yaitu Arsitektur Sandy Bridge. Teknologi Sandy Bridge didukung dengan teknik fabrikasi 32 nm dan salah satu fitur barunya adalah memasukkan chip VGA Intel HD Graphics kedalam CPU. Oleh AMD teknologi itu biasa kita sebut APU (Accelerating Processing Unit) atau Fusion.

Dengan penggabungan ini maka kinerja VGA dari intel mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Perubahan lain adalah efisiensi listrik yang disebabkan penggunaan teknologi fabrikasi 32 nm pada Sandy Bridge.

3. Ivy Bridge

Generasi ke-3 dari Intel Core adalah arsitektur Ivy Bridge yang merupakan generasi "Tock" dari Sandy Bridge. Perubahan mendasar pada teknologi ini adalah penggunaan fabrikasi 22 nm sehingga efisiansi daya yang digunakan semakin meningkat. Pada arsitektur ini juga Intel menambahkan dukungan untuk USB 3.0 dan PCI Express 3.0.

Prosesor Ivy Bridge dapat digunakan pada motherboard untuk Sandy Bridge (LGA 1155) namun beberapa fitur seperti USB 3.0 tidak akan dapat berfungsi karena keterbatasan dukungan chipset dari motherboard tersebut.
Apa itu Tock? Tock adalah mikroprosesor atau mikroarsitektur baru. Sedangkan Tick adalah pengecilan atau prosesor baru yang dibuat lebih rapat. Dalam Intel biasa disebut "Tick-Tock"

4. Haswell

Haswell adalah procesor Intel generasi ke-4 yang diluncurkan pada tahun 2013, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat. prosesor Sandy Bridge hanya dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz.

Berbeda dengan Ivy Bridge dan Sandy Bridge yang menggunakan Socket LGA 1155, Haswell memakai socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3. Jika ingin upgrade dari generasi sebelumnya tentu harus membeli motherboard baru. Haswell memiliki internal grafik/VGA lebih baik dari Ivy Bridge, namun masih jauh dibawah eksternal VGA. Selain itu, arsitektur ini masih menggunakan fabrikasi yang sama dengan Ivy Bridge yaitu 22 nm.

5. Broadwell

Diresmikan pada tahun 2014, Broadwell adalah arsitektur generasi ke-5. Broadwell merupakan generasi "Tick" dari Haswell, dimana memiliki fabrikasi 14 nm. Dengan mengecilnya “penampang” pada Intel generasi 5 ini,membuat konsumsi daya makin kecil. Namun memliki performa yang lebih baik 5-20% dari generasi sebelumnya. Sama dengan Haswell, Broadwell menggunakan socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3.

6. Skylake

Intel resmi meluncurkan prosesor Core-i generasi ke-6 pada September 2015. Sama seperti arsitektur sebelumnya, Skylake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Dengan teknologi yang dinamakan "speed shift" memungkinkan prosesor untuk bekerja lebih cepat tapi juga menghemat daya. Skylake menigkatkan performa hingga 50% dari generasi sebelumnya dan menghemat streaming video 4K.

Skylake juga mendukung RAM dengan jenis DDR4 (frekuensi sampai 2133 MHz) dan juga DDR3 (frekuensi 1600 MHz). Yang lebih kerennya lagi baru-baru ini diluncurkan Intel Core i9 yang disematkan di arsitektur ini, Intel juga mengeluarkan Intel Core seri m (m3, m5, m7) untuk Skylake. Arsitektur ini sangat cocok untuk laptop atau notebook gaming. Socket yang digunakan adalah LGA 1151, LGA 2066, dan LGA 3647.

7. Kaby Lake

Intel generasi ke-7 ini diluncurkan secara resmi pada Agustus 2016. Sama seperti 2 generasi sebelumnya, Kaby Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Performanya meningkat sekitar 12% jika dibandingkan dengan Skylake.

Intel Core Generasi ke-7 ini dapat menciptakan pengalaman multimedia yang maksimal. Pengguna dapat merasakan peningkatan grafis dalam bermain game populer dan paling baru, dan menjalankan video 4K dengan lancar tanpa mengalami penurunan fps. Socket yang digunakan adalah LGA 1151 dan LGA 2066.

Hadirnya prosesor Kaby Lake juga menandai persaingan yang akan berjalan ketat antara Intel dan AMD, yang akhirnya mengeluarkan prosesor andalannya yang bernama Ryzen.

8. Coffee Lake

Coffee lake resmi diluncurkan pada Oktober 2017. Ini merupakan PAO (Process-Architecture-Optimization) dari Kaby Lake. Masih sama, Coffee Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm, namun pada versi mobile generasi ke-8 sudah menggunakan fabrikasi 10 nm yang diberi nama Cannonlake. Performa tentunya meningkat dibandingkan generasi pendahulunya.

Salah satu keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya adalah jumlah core yang meningkat. Contohnya Core i3, yang sebelumnya hanya punya dua inti, kini menjadi empat inti. Sementara untuk Core i5 kini mempunyai enam 6, dan Core i7 juga punya enam inti dengan dukungan hyperthreading. Socket yang digunakan adalah LGA 1151, namun Intel tidak mengijinkan untuk digunakan pada 100 dan 200 series.

9. Ice Lake

Ice Lake resmi dirilis pada Oktober 2018. Prosesor-prosesor generasi kesembilan itu termasuk prosesor Core i5, Core i7, dan prosesor flagship yang akan muncul perdana secara umum, Core i9. Selain itu, Intel juga meresmika, Intel Core seri X. Hal unik yang perlu disorot adalah prosesor gaming Core i9, yang diklaim sebagai prosesor gaming terbaik di dunia.

Akan tetapi prosesor ini masih menggunakan ukuran 14 nm dan intel belum menerapkan ukuran 10 nm seperti janji sebelumnya. Sementara itu, untuk intel core i9 mempunyai 8 inti dan 16 thread yang diklaim adalah processor dengan performa terbaik pada saat diluncurkan.

10. Comet Lake

Intel generasi 10 atau "Comet Lake" resmi diluncurkan pada Agustus 2019. Untuk pertama kalinya, Intel menggunakan fabrikasi 10-nm.

Prosesor untuk seri Intel Core Generasi ke-10 menyajikan jajaran produk terbaik di industri yang menawarkan keseimbangan terbaik bagi konsumen. Dari multitasking hingga content creation, tambahan prosesor terbaru ke keluarga Intel Core Generasi ke-10 ini menawarkan performa terpadu untuk mendukung produktivitas dengan tingkat yang lebih tinggi dan menghadirkan konektivitas platform terbaik di kelasnya melalui WiFi 6 (Gig+) dan Thunderbolt 3.

11. Tiger Lake

Intel Tiger Lake merupakan prosesor intel generasi ke 11 yang diluncurkan pada 2 September 2020. Tiger lake menggunakan arsitektur node 10-nm yang juga digunakan pada generaasi sebelumnya, namun kemampuan CPU ditingkatkan lebih dari 20%dan GPU dua kali lipat lebih baik. Prosesor jenis ini dilengkapi dengan grafik atau GPU XE terbaru dan sudah support 8K 12-bit HDR display.

12. Rocket Lake

Rocket Lake, yang dirilis pada tahun 2021, merupakan generasi kesebelas dari processor Intel Core. Rocket Lake menampilkan arsitektur Cypress Cove yang lebih efisien, peningkatan performa inti, dan dukungan PCIe Gen 4.

13. Alder Lake

Alder Lake adalah nama kode Intel untuk prosesor Intel Core generasi ke-12. CPU Intel core generasi ke-12 di umumkan secara resmi pada 27 Oktober 2021, dan diluncurkan ke pasar pada 4 November 2021. Prosesor generasi ini dibuat menggunakan teknologi Intel 10 nm Enhanced SuperFin (10ESF).

14. Raptor Lake

Pada Oktober 2022, Intel meluncurkan generasi terbaru mereka, yaitu Raptor Lake. Sebagai generasi ke-13 setelah Alder Lake, Raptor Lake membawa peningkatan performa yang lebih baik. Seperti halnya Alder Lake, Raptor Lake juga menggunakan desain arsitektur prosesor hibrida dengan kombinasi cluster high performance (P cores, Raptor Cove) dan cluster efisiensi daya (E cores, Gracemont). 

Dalam generasi ini, Intel Core i9-13900K dan i9-13900KF memiliki jumlah core tertinggi, yaitu total 24 inti prosesor, terdiri dari 8 inti P cores dan 16 inti E cores.


Itu tadi beberapa generasi dari Intel Core yang sudah resmi diluncurkan sampai saat ini. Di artikel berikutnya saya akan membahas rival dari Intel yaitu kubu merah AMD. Kalau ada pertanyaan atau kesalahan penulisan silahkan berkomentar di bawah. Jika berkenan mohon dishare. Sekian, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

12 Komentar

  1. Hahhaa laptop gua msih aktif sampai sekrng sandy bridge hahaha. Sudah 7 thun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop saya yang intel core 2 duo generasi pertama sudah 8 tahun masih nyala sampai sekarang, laptop intel daya tahannya memang mantap :D

      Hapus
  2. Lanjutkan posting bermanfaat ini. Mantap min 👍

    BalasHapus
  3. terimakasih infonya min sangat lengkap, walaupun saya dirumah masih menggunakan intel kentsfield core 2 quad q6600 hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, keren mas sudah lumayan sepuh itu processornya :D

      Hapus
  4. laptop gw Ivy Bridge masih bagus udah 7 taon, cuma gw ganti ssd sama ram corsair 8g, mantap kencang dan tangguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah keren, laptop intel memang terbukti awet dari dulu :D

      Hapus
  5. Bagaimana pengaruh perkembangan teknologi pada generasi-generasi processor Intel Core terhadap pengalaman pengguna dalam menjalankan aplikasi dan perangkat lunak? salam : https://it.telkomuniversity.ac.id/penyerahan-sk-pengangkatan-dan-pelepasan-direktur-direktorat-puti/

    BalasHapus

Type above and press Enter to search.