Cara Masuk ke Safe Mode di Windows 10

Zals Tekno - Safe Mode adalah sebuah mode yang ada pada pilihan start up windows yang berfungsi menangani masalah pada sistem yang tidak bisa diatasi ketika menjalankan windows pada mode normal. Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, hal itu berarti hanya driver dan file-file penting seperti file sistem saja yang akan berjalan. Ada 3 jenis safe mode yaitu Safe Mode, Safe Mode with Networking, dan Safe Mode with Command Promt.

Bagaimana cara masuk ke safe mode? Untuk menjalankan safe mode pada windows vista dan windows 7 sangatlah mudah yakni cukup menekan tombol F8 pada awal booting. Namun cara ini tidak berlaku secara default pada windows 8 dan 10. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini adalah 3 cara masuk ke safe mode boot di Microsoft Windows 10.


Cara Pertama: Advanced Start Up

gambar
  1. Klik ikon Windows/Start kemudian pilih Settings
  2. Pilih Update & security
  3. Pilih tab Recovery Kemudian klik Restart now
  4. Setelah sistem restart, anda akan masuk Windows Recovery Environment
  5. Pilih Advanced options
  6. Pilih Startup Settings
  7. Klik Restart
  8. Anda bisa pilih 4)Enable Safe Mode, 5)Enable Safe Mode with Networking, atau 6)Enable Safe Mode with Command Prompt dengan menekan F4, F5, atau F6 untuk masuk Safe Mode.
  9. Setelah booting, tulisan Safe Mode muncul disudut-sudut dari layar windows untuk mengidentifikasi bahwa safe mode sedang berjalan.

Baca juga: Manfaat dan Kegunaan Safe Mode

Cara Kedua: System Configuration

Salah satu cara masuk ke Safe Mode pada windows 10 adalah dengan melalui System Configuration.
Cara ini bisa dibilang sangat mudah, anda hanya tinggal mencentang Safe Boot pada System Configuration dan melakukan restart, dan komputer anda otomatis akan masuk ke Safe Mode. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ketik dan pilih “System Configuration” pada Start menu.
2. Pilih tab Boot, lalu centang Safe Mode dan jenis safe mode yang akan digunakan
gambar
Terdapat empat jenis pilihan yang bisa digunakan pada mode Safe Boot, yaitu :
  • Minimal: Menjalankan safe mode dengan memuat driver dan service yang penting saja, tetapi dalam tampilan Windows standar
  • Alternate Shell: Menjalankan safe mode dengan Command prompt tanpa Windows GUI. Untuk menjalankan fitur ini dibutuhkan pengetahuan untuk menggunakan Windows tanpa bantuan mouse.
  • Active Directory Repair: Menjalankan safe mode yang memiliki akses ke komponen komputer. Fitur ini sangat cocok digunakan ketika kita gagal menginstal hardware baru.
  • Network: Menjalankan safe mode dengan tambahan driver dan service yang digunakan untuk mengakses jaringan serta menggunakan tampilan Windows GUI standar.

Cara Ketiga: Tombol F8

Cara masuk safe mode yang selanjutnya merupakan cara yang sudah sangat umum yakni dengan menggunakan tombol F8 di keyboard. Biasanya kita hanya tinggal menekan tombol F8 ketika proses booting dan memilih jenis safe mode mana yang akan digunakan.

Sayangnya, di Windows 10 cara dengan tombol F8 ini ditiadakan dengan tujuan memperpecat proses booting. Namun Anda dapat menggunakan cara khusus ini untuk dapat menggunakannya kembali di Windows 10.
  1. Klik kanan di tombol Start lalu pilih Command Prompt (Admin). Klik tombol “Yes” jika muncul peringatan dari User Account Control.
  2. Setelah Command Prompt terbuka silahkan ketik: bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy
  3. Tekan enter dan restart komputer Anda.
Sekarang setiap kali booting anda dapat menekan tombol F8 untuk masuk ke safe mode.
Jika ingin menonaktifkannya kembali, silahkan ulangi langkah pertama dan kedua lalu ketik: bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard ,lalu tekan enter


Itu tadi 3 cara untuk masuk ke safe mode di windows 10, tentunya dengan cara yang mudah untuk dilakukan. Jika mengalami masalah dengan cara-cara diatas mari kita diskusikan di kolom komentar dibawah.

Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Sekian, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

0 Komentar

Type above and press Enter to search.