4 Orang Indonesia dibalik Raksasa Startup "Unicorn" di Asia Tenggara - Zals Tekno

4 Orang Indonesia dibalik Raksasa Startup "Unicorn" di Asia Tenggara

gambar
Zals Tekno - Kata Unicorn akhir-akhir ini ramai diperbincangkan publik, salah satunya karena salah satu calon Presiden menyebutkan kata ini di dalam depat Pilpres 2019. Apa itu Unicorn? Unicorn merupakan istilah yang sangat familiar di dunia perusahaan rintisan atau startup. Istilah unicorn digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan privat yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$1 miliar.

Istilah unicorn di dunia startup pertama kali diperkenalkan oleh pemodal kapital Aileen Lee pada tahun 2013. Lee menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari US$1 miliar.

Asia Tenggara sendiri memiliki 7 perusahaan startup Unicorn dan 4 diantaranya berasal dari Indonesia, keren kan? apa saja 4 perusahaan itu? mereka adalah Tokopedia, Bukalapak, Gojek, dan Traveloka. Siapa saja orang-orang yang sangat berpengaruh dibalik 4 perusahaan startup keren tersebut?


1. Willian Tanuwijaya


Pasti semua dari kalian pasti sudah mengetahui nama Tokopedia ketika hendak berbelanja online bukan? William Tanuwijaya adalah pendiri Tokopedia sendiri, ia bahkan sempat menjadi operator warnet sebelum mendirikan perusahaan Tokopedia.

Didirikan sejak tahun 2019, Tokopedia sudah banyak dipercaya investor asing seperti SoftBank, East Ventures, CyberAgent Ventures, Beenos, dan Sequoia Capital. Kini Tokopedia bisa meraup omzet triliunan tiap bulannya.


2. Achmad Zaky


Tidak berbeda dengan Tokopedia, nama Bukalapak juga sudah terkenal di dunia toko online di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh seorang pemuda bernama Achmad Zaky di tahun 2011.

Pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini yakin Indonesia mempunyai masa depan di bidang internet, inilah yang membuat ia yakin untuk mendirikan Bukalapak yang saat ini sudah menjadi Startup Unicorn.

3. Nadiem Makarim


Apa yang ada dibenak kalian jika mendengar kata ojek online? ya, Gojek. Perusahaan ini merupakan perusahaan startup pertama di Indonesia yang mendapat gelar Unicorn. Didirikan sejak tahun 2010 oleh Nadiem Makarim, Gojek sudah mendapat gelar Unicorn sejak 6 tahun berdiri.

Nadiem sendiri sering menggunakan ojek pangkalan, berawal dari kegelisahannya itulah ia mendirikan perusahaan ojek berbasis online. Dan Gojek sendiri sudah ada di 50 kota di Indonesia.

4. Ferry Unardi


Saat ini jual beli tiket sangat mudah menggunakan aplikasi online. Traveloka adalah salah satu startup unicorn jual beli tiket di Indonesia. Didirikan oleh Ferry Unardi dan 2 temannya, Derianto Kusuma dan Albert Zhang pada tahun 2012.

Traveloka mendapat gelar Unicorn setelah baru 5 tahun berdiri. Ferry sendiri merupakan insinyur software dan tak menyangka jika Traveloka akan berkembang menjadi startup raksasa seperti sekarang.


Masih banyak startup-startup di Indonesia yang berpotensi sukses seperti 4 perusahaan diatas, apakah startup kamu salah satunya? Mari kita dukung startup-startup buatan negeri.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

0 Response to "4 Orang Indonesia dibalik Raksasa Startup "Unicorn" di Asia Tenggara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]