Cara Menjadikan Kamera DSLR atau Mirrorless Sebagai Webcam - Zals Tekno

Cara Menjadikan Kamera DSLR atau Mirrorless Sebagai Webcam

gambar
Zals Tekno - Di jaman yang serba online ini pernahkah anda bertanya tentang bagaimana cara menggunakan kamera anda sebagai webcam? Ya, webcam memang sekarang menjadi kebutuhan yang sangat penting karena pada jaman ini semuanya serba online sehingga pertemuan atau meeting dari yang biasa sampai yang penting pun perlu menggunakan webcam.

Untuk melakukan ini, anda perlu menyiapkan:
  • HDMI Capture Card
  • Kabel HDMI dan USB
  • Aplikasi broadcast (opsional)


Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa kamera anda memerlukan output HDMI dan kemampuan untuk mengeluarkan sinyal HDMI 'clean', yang berarti tidak menyertakan overlay grafis seperti frame-rate dan mode autofokus. Pada banyak kamera, anda dapat menghapusnya baik di pengaturan atau hanya dengan menekan tombol 'info' atau 'display' di bagian belakang kamera.


1. Siapkan HDMI Capture Card

Anda memerlukan video capture card yang mendukung UVC (atau USB Video Class). Ini adalah protokol yang sama yang memungkinkan webcam bekerja dengan orang-orang seperti Zoom dan Skype.

Contoh video capture card sendiri adalah seperti Elgato HD60 S +, Magewell USB Capture HDMI gen 2, dan Mirabox Capture Card.


2. Hubungkan

Sekarang tinggal menghubungkan HDMI capture card tadi ke kamera dan laptop Anda. Colokkan output HDMI kamera Anda ke input HDMI pada HDMI capture card, lalu yang terakhir ke laptop Anda melalui USB. Periksa manual perangkat capture card anda untuk melihat apakah anda memerlukan driver tambahan. Sekarang anda siap untuk melanjutkan ke langkah terakhir.


3. Jalankan

Jika anda hanya ingin mengubah kamera Anda menjadi webcam untuk team meeting, anda tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan.

Baik anda menggunakan komputer macOS atau Windows, laptop atau PC anda harus mengenali kamera sebagai webcam dan membuatnya tersedia sebagai opsi di aplikasi meeting (zoom, gmeet, dll) yang anda pilih.


Jika anda ingin mengubah pengaturan atau menambahkan beberapa efek, anda dapat menggunakan OBS (Open Broadcaster Software), yang direkomendasikan oleh produsen seperti Nikon dan Panasonic sebagai pilihan utama untuk kamera mereka.

OBS adalah aplikasi open source gratis untuk Windows, Mac, dan Linux, dan menyertakan fitur-fitur canggih seperti mixer audio.


Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

0 Response to "Cara Menjadikan Kamera DSLR atau Mirrorless Sebagai Webcam"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]