10 Pesawat Jet Tempur Tercanggih di Dunia 2021 - Zals Tekno

10 Pesawat Jet Tempur Tercanggih di Dunia 2021

gambar
Zals Tekno -
Jet Tempur adalah suatu hal yang penting bagi alutsista sebuah negara. Jet Tempur menjadi sebuah keharusan sebuah negara yang ingin menjaga kedaulatan wilayah udaranya dan mengamankan posisi mereka sebagai kekuatan militer yang terkemuka atau terkuat di dunia.

Pesawat jenis jet tempur militer juga berperan sangat penting dalam skenario terburuk yatu ketika sebuah atau beberapa negara sedang dalam kondisi perang. Kehebatannya dalam bermanuver, menghindari musuh, hingga mengunci musuh dengan senjata yang mematikan memang menjadi keunggulan dari pesawat jet tempur militer ini. Tak heran jika pesawat jenis ini biasanya digunakan di 3 matra tentara yaitu Angkatan Udara, Angkatan Darat, maupun Angkatan Laut.


Berikut adalah daftar 10 jet tempur terbaik dan tercanggih di dunia tahun 2021.

10. Dassault Rafale

gambar
Jet tempur yang dikembangkan oleh perusahaan Prancis, Dassault ini adalah pesawat tempur multiperan yang dapat mencegat dan melawan pesawat lain, menyerang target di darat dan di laut. Selain itu, ia juga dapat melakukan misi mata-mata bahkan membawa senjata nuklir.

Karena Angkatan Udara Prancis sedang mencari pesawat baru untuk menggantikan armadanya saat ini, untuk mengurangi biaya, setuju untuk membuat perjanjian dengan negara-negara Eropa lainnya. Ketika ketidaksepakatan muncul, Prancis memutuskan untuk mengembangkan pesawat tempurnya sendiri, Rafale. Jet tempur pertama kali memasuki layanan pada tahun 2001 dan sejak itu dianggap sebagai salah satu pesawat tempur militer terbaik di dunia.

Ini digunakan tidak hanya oleh Prancis. India, Mesir dan Qatar juga memiliki Rafale di Angkatan Udara mereka, dan Uni Emirat Arab dan Yunani juga membelinya.


9. McDonnell Douglas F-15 Eagle

gambar
Dikembangkan oleh McDonnell Douglas dan kemudian oleh Boeing, F-15 masih diproduksi. Meski telah dikirim lebih dari 35 tahun lalu, F-15 masih dianggap sebagai pesawat tempur yang sangat mumpuni di udara. Ini masih dioperasikan oleh 4 negara: Israel, Jepang, Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

Varian F-15 Eagle terbaru disebut F-15EX. Amerika Serikat mengembangkannya dengan elemen fitur jet tempur generasi kelima untuk pertahanan wilayah udaranya. Ia dapat membawa hingga 22 rudal udara-ke-udara dan memiliki peralatan perang elektronik terbaru.


8. JF-17 Thunder

gambar
JF-17 Thunder atau FC-1 Xiaolong adalah pesawat tempur multiperan. Dikembangkan oleh operasi gabungan antara China dan Pakistan untuk memberi Angkatan Udara Pakistan alternatif yang murah dan modern untuk menggantikannya yang sudah tua dan armada besar yang terdiri dari berbagai pesawat tempur, pembom, dan pencegat. Karena itu, JF-17 akan menjadi tulang punggung PAF.

Setelah kesulitan pengujian dan desain ulang, PAF akhirnya menerima jet pertamanya pada tahun 2007. Sejak itu, Angkatan Udara Pakistan sangat bergantung pada JF-17 untuk menyelesaikan berbagai misi di wilayahnya. Pada 2013, PAC Kamra memulai produksi Block 2 JF-17 - jet yang diperbarui memiliki pengisian bahan bakar udara-ke-udara, avionik yang lebih baik, kapasitas muat yang lebih baik, tautan data, dan kemampuan peperangan elektronik.


7. Eurofighter Typhoon

gambar
Dari semua jet tempur dalam daftar, kisah Typhoon adalah salah satu yang paling menarik. Operasi gabungan Airbus, BAE Systems dan Leonardo mengembangkan Typhoon. Setelah pengembangan dimulai pada tahun 1983, uji terbang resmi pertama lepas landas pada tahun 1994. Typhoon itu terganggu oleh penundaan. Pasca runtuhnya Tembok Berlin dan pergantian pemerintahan di Jerman, Kanselir Jerman saat itu berjanji untuk membatalkan proyek tersebut. Namun, program tersebut bertahan dan setelah banyak penundaan, Jerman mengerahkan Eurofighter Typhoon pertama.

Pesawat ini kini melayani sembilan negara, termasuk Jerman, Inggris Raya, Qatar, Kuwait, dan Italia. Eurofighter Typhoon terbaru sangat ditingkatkan dibandingkan dengan varian awal, dan beberapa negara lain sedang mempertimbangkan untuk membelinya juga.


6. Lockheed Martin F-22 Raptor

gambar
Jet tempur generasi kelima pertama di dunia, F-22 Raptor mulai beroperasi pada tahun 2005. Pemerintah Amerika Serikat membatalkan produksi Raptor pada tahun 2011. Meskipun itu adalah bagian penting dari USAF (Angkatan Udara Amerika Serikat) ), meningkatnya biaya pengembangan dan pemeliharaan, kurangnya misi udara-ke-udara mengakhiri produksi jet. Lockheed mengirimkan Raptor terakhir ke USAF pada tahun 2012.

Meski demikian, F-22 adalah pelopor. Itu adalah jet tempur pertama yang menggabungkan supercruise, supermaneuverability, stealth, dan fusi sensor. Itu tetap menjadi jet tempur paling siluman juga, kurang terlihat oleh radar daripada jet tempur yang lebih baru karena konstruksi khususnya.


5. Mitsubishi X-2 Shinshin

gambar
Sebuah contoh unik dalam daftar, Mitsubishi X-2 Shinshin adalah pesawat uji… generasi kelima. Meskipun itu sendiri bukan jet tempur, Jepang menggunakan X-2 sebagai uji coba untuk teknologi jet tempur lainnya. Latar belakang dari jet ini adalah bahwa Jepang sedang mencari untuk mengganti armada pesawat tempurnya saat ini. Pemerintah Jepang menghubungi Amerika Serikat untuk kemungkinan membeli F-22 Raptor, tetapi Kongres AS menolak kemungkinan itu terjadi untuk melindungi rahasia militernya.

Penerbangan Shinshin pertama lepas landas pada tahun 2016 dan setelah tes yang sukses, Mitsubishi mulai memproduksi pesawat tersebut. X-2 adalah pendahulu dari F-3, jet tempur generasi keenam. Jepang bertujuan untuk memproduksi F-3 mulai tahun 2027.


4. Shenyang FC-31 / J-31

gambar
FC-31 atau J-31 adalah jet tempur generasi kelima kedua yang akan diperkenalkan ke Angkatan Udara China. Meski kurang maju dari mitranya, Chengdu J-20, ia masih merupakan jet tempur yang sangat mumpuni. Spesifikasi pastinya masih belum jelas bagi siapa pun yang berada di luar Militer China. Pakar asing, terutama dari AS, menunjukkan bahwa FC-31 setara dengan jet tempur generasi kelima lainnya. Namun, jet yang lebih baik ditentukan oleh banyak faktor lain. Yakni, kesiapan pilot serta kemampuan radar dan sensor pesawat.

Shenyang FC-31 lebih ringan dan lebih gesit daripada Chengdu J-20. Di masa depan, ini dapat digunakan pada kapal induk China dan China dapat mencoba menjualnya ke negara lain juga.


3. Chengdu J-20

gambar
Jet tempur China terbaik, Chengdu Aerospace Corporation memperkenalkan J-20 pada 2017. Setelah lebih dari 20 tahun pengembangan, J-20 terbang pertama kali pada 2011. Ada cukup banyak perubahan pada desain pesawat setelah penerbangan pertama dilakukan. , yaitu asupan baru, lapisan siluman baru, dan desain baru stabilisator vertikal. Terlepas dari beberapa masalah yang muncul setelah produksi, Chengdu J-20 adalah jet tempur generasi kelima pertama di Asia.


2. Sukhoi Su-57

gambar
Dikembangkan oleh Sukhoi Company, Su-57 akan menjadi jet tempur Rusia yang paling berteknologi maju. Ini adalah petarung pertama yang mencentang setiap kotak dalam daftar fitur petarung generasi kelima. Sergey Bogdan adalah pilot pertama yang menguji Su-57 pada 2010. Dibandingkan dengan F-35, Su-57 hanya menghabiskan biaya sekitar $ 10 miliar bagi Rusia untuk meneliti, mengembangkan, dan mempersiapkan produksi.

Angkatan Udara Rusia diharapkan untuk memperkenalkan mereka ke layanan penuh pada tahun 2020. Namun, pada tahun 2018, wartawan melihat dua Su-57 di Suriah.


1. Lockheed Martin F-35 Lightning II

gambar
Angkatan Udara Amerika Serikat memperkenalkan jet tempur terbaru pada tahun 2015. F-35 memiliki tiga varian utama, dengan perbedaan dalam kemampuan pendaratannya. F-35A adalah varian dasar, dan jet tempur konvensional. F-35B adalah pesawat lepas landas pendek dan pendaratan vertikal, yang dapat melayang di udara berkat mesin putar khusus. F-35C adalah varian kapal induk yang dirancang untuk menggantikan pesawat tempur F / A-18.

Perkiraan biaya program F-35 sangat mengejutkan. Pemerintah AS menghabiskan $ 1,508 triliun kekalahan untuk jet tempur. Namun di sisi lain, Lockheed memproyeksikan USAF akan memanfaatkan jet tempur tersebut hingga tahun 2070. Ia juga merupakan salah satu jet tempur modern terlaris di dunia internasional. Lebih dari 13 negara membeli atau berencana membeli F-35, termasuk Inggris Raya, Australia, Israel, dan Uni Emirat Arab.

Meskipun F-35 mendapat kritik, tentu tidak dapat disangkal bahwa itu adalah jet tempur paling canggih yang saat ini ada di udara.


Itulah tadi beberapa pesawat jet tempur militer terbaik dan tercanggih di dunia saat ini versi Zals Tekno, daftar diatas mungkin bisa berubah kedepannya seiring dengan perkembangan teknologi di dunia kemiliteran.

Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

0 Response to "10 Pesawat Jet Tempur Tercanggih di Dunia 2021"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]