7 VGA Terbaik Cocok Untuk Mining Koin Kripto 2023, Hash Rate Tinggi

Zals Tekno - Kegiatan menambang atau mining cryptocurrency banyak diminati setelah Bitcoin populer, terlebih lagi harga Bitcoin pada 2021 lalu yang melonjak drastis membuat kartu grafis untuk mining menjadi langka. Fenomena kelangkaan VGA atau GPU atau Kartu Grafis bukan disebabkan oleh para gamer melainkan karena banyaknya peminat penambangan atau mining Bitcoin dan Altcoin lainnya.

Dari sekian banyak jenis VGA tersebut, ada beberapa VGA yang sangat cocok digunakan untuk mining Bitcoin, Ethereum, dan koin crypto lainnya karena beberapa faktor seperti hash rate yang tinggi dan konsumsi daya yang efisien. Berikut merupakan rekomendasi 7 VGA atau kartu grafis yang sangat cocok digunakan untuk mining crypto beserta algoritma, hash rate, konsumsi listrik, dan harganya.

*Harga merupakan harga termurah, dapat berubah tergantung kelangkaan, merek, dan toko.

Daftar Isi


1. Nvidia GeForce GTX 1070 Ti

Kartu grafis besutan Nvidia tentunya masuk dalam daftar ini, GTX 1070 Ti hanya membutuhkan daya listrik yang tergolong rendah dan tentunya dengan hash rate yang cukup tinggi. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan algoritma Zhash untuk mendapatkan coin seperti Bitcoin Gold.

Algoritma yang cocok: Zhash
Hash rate: 64 Sol/s
Konsumsi daya: 135 W
Harga: 4,5 Juta

Baca juga: Cara Mining Bitcoin dengan Nicehash


2. Nvidia GeForce GTX 1080 Ti

Yang kedua merupakan adik dari GTX 1070 Ti, namun upgrade performanya terbilang cukup signifikan. Hanya dengan merogoh kantong anda sedikit lebih dalam saja anda akan mendapatkan hash rate yang lebih tinggi, dengan daya listrik yang masih terbilang normal.

Algoritma yang cocok: Zhash
Hash rate: 93 Sol/s
Konsumsi daya: 170 W
Harga: 5 Juta


3. Nvidia GeForce GTX 1070

Tidak jauh berbeda dengan yang versi Ti, GTX 1070 menawarkan hash rate dan daya listrik yang bisa dibilang hampir mirip. Rekomendasi algoritma yang digunakan pun juga sama seperti versi Ti yaitu Zhash. Anda hanya perlu menyesuaikan budget dan ketersediaan produknya di pasaran.

Algoritma yang cocok: Zhash
Hash rate: 60 Sol/s
Konsumsi daya: 125 W
Harga: 3 Juta


4. AMD Radeon RX 580

Selain Nvidia, tentunya ada saingan beratnya yaitu AMD Radeon. RX 580 merupakan GPU favorit untuk menambang Ethereum atau Ethereum Classic. Hash rate yang dihasilkan cukup tinggi dengan daya listrik yang rendah. Kelebihan lainnya adalah harganya yang terbilang sedikit lebih rendah daripada Nvidia.

Algoritma yang cocok: Etchash
Hash rate: 31 Mh/s
Konsumsi daya: 140 W
Harga: 2,6 Juta


5. AMD Radeon RX 480

Tidak jauh berbeda dengan seri 580, GPU seri RX 480 juga terbilang masih mumpuni untuk digunakan menambang crypto. Harganya yang lebih murah dan performa yang mirip dengan RX 580 menjadi keunggulan kartu grafis ini.

Algoritma yang cocok: Etchash
Hash rate: 30 Mh/s
Konsumsi daya: 130 W
Harga: 2,2 Juta


6. AMD Radeon RX Vega 56

AMD Radeon RX Vega 56 merupakan GPU yang sangat powerfull. Hash ratenya yang sangat tinggi menjadikannya sangat cocok digunakan untuk mining khususnya Ethereum. Namun, dibalik itu daya listriknya lumayan tinggi sehingga harus dipertimbangkan.

Algoritma yang cocok: Etchash
Hash rate: 38 Mh/s
Konsumsi daya: 220 W
Harga: 4,5 Juta


7. AMD Radeon VII

AMD Radeon VII merupakan kartu grafis yang sangat langka dengan harganya yang sangat jauh dibandingkan kartu grafis lainnya. Namun, hal itu sebanding karena dapat menghasilkan hash rate yang sangat tinggi yaitu 90 Mh/s menggunakan algoritma Etchash.

Algoritma yang cocok: Etchash
Hash rate: 90 Mh/s
Konsumsi daya: 220 W
Harga: 12 Juta


Semua VGA diatas di hitung rata-rata menggunakan versi memori 8GB. Harga merupakan harga basic dengan merek yang standar, untuk beberapa merek ternama seperti Gigabyte, ASUS, MSI, dan lain-lain tentu akan lebih mahal. Sekian rekomendasi VGA atau GPU yang cocok untuk mining cryptocurrency, pilih device anda dengan bijak dan perhitungkan semuanya dengan matang sebelum membeli.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

0 Komentar

Type above and press Enter to search.