Mengapa Hype Bitcoin ETFs Tertahan: Proses Penelitian Mendalam

Image by frimufilms on Freepik

Zals Tekno - Perusahaan-perusahaan seperti LPL Financial Holdings saat ini tengah melakukan penelitian mendalam terkait Exchange-Traded Funds (ETF) Bitcoin yang baru disetujui.


Adopsi Spot Bitcoin ETFs telah melambat akibat proses penelitian mendalam dari platform perdagangan besar. Menurut laporan Bloomberg pada 3 Februari, perusahaan-perusahaan seperti LPL Financial Holdings, salah satu broker-dealer independen terbesar di Amerika Serikat, saat ini sedang meneliti Bitcoin ETFs yang baru disetujui untuk menentukan ketersediaannya bagi hampir 19.000 penasihat keuangan independen yang mengawasi aset senilai $1,4 triliun.


"Kami hanya ingin melihat bagaimana cara mereka bekerja di pasar," kata Rob Pettman, wakil presiden solusi manajemen kekayaan untuk LPL Financial.


Penelitian mendalam adalah analisis menyeluruh yang dilakukan sebelum keputusan diambil. Ini melibatkan pemeriksaan semua fakta dengan seksama, memahami risiko dan peluang, serta memastikan bahwa segalanya sesuai sebelum menginvestasikan uang atau sumber daya.


LPL Financial berencana untuk menyelesaikan penelitian mendalamnya terhadap Bitcoin ETFs dalam waktu tiga bulan. Salah satu poin kunci yang dievaluasi adalah kemungkinan ETF dapat ditutup jika performanya buruk, gagal mengumpulkan aset yang signifikan.


"Itu bisa menjadi pengalaman yang sangat negatif bagi investor, bagi penasihat keuangan. Ini juga sangat mahal bagi perusahaan kami secara operasional untuk membantu memfasilitasi itu," ungkap Pettman kepada Bloomberg, menambahkan bahwa bagi LPL, penting untuk "memastikan bahwa mereka [ETFs] tahan lama seiring waktu, bahwa ada teori investasi yang baik. Itu pada dasarnya posisi yang biasanya kami ambil ketika mengevaluasi ini."


Data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan bahwa 253 ETF ditutup pada tahun 2023 dengan jumlah aset rata-rata sebesar $34 juta. Daftar ini termasuk produk terkait kripto, seperti VanEck Digital Assets Mining ETF (DAM) dan Volt Crypto Industry Revolution.


Analisis ETF Bloomberg, James Seyffart, meyakini bahwa adopsi luas Bitcoin ETF mungkin lebih lambat dari yang diharapkan. Selama seminar web pribadi dengan CryptoQuant pada Januari, Seyffart memprediksi bahwa ETF dapat menarik aliran dana sebesar $10 miliar dalam tahun pertama mereka.


"Banyak institusi besar, gudang-gudang ini, platform-platform di mana broker atau penasihat bekerja, mereka tidak bisa hanya membeli apa pun yang mereka inginkan. Ada daftar yang disetujui dan daftar yang tidak disetujui," jelas analis tersebut.


"Pada tahun pertama atau dua, saya tidak berpikir kita akan melewati $100 miliar. [...] Untuk memberi gambaran, ETF emas memiliki sekitar $100 miliar di total Amerika Serikat."


Per 31 Januari, semua Bitcoin ETF yang disetujui bulan lalu secara kolektif memiliki 656.421 BTC, naik sekitar 3% dari total awal sebesar 637.610 BTC, senilai hampir $27 miliar pada harga saat ini. Kinerja ETFs tersebut sangat dipengaruhi oleh keluarnya dana dari Grayscale Bitcoin Trust, yang membuang total 132.195 Bitcoin setelah konversinya dari produk over-the-counter menjadi ETF yang terdaftar.


"Waktu akan memberi tahu tentang teori investasi. Dan itulah yang pada dasarnya sedang kami pantau saat ini," kata Pettman dari LPL.

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]

0 Komentar

Type above and press Enter to search.