Apa Itu Bitcoin? - Zals Tekno

Apa Itu Bitcoin?

Zals Tekno - Bagi orang awam mungkin akan berpikir bahwa bitcoin ini adalah sekedar mata uang biasa dan bahkan saat saya pertama kali mendengar kata 'bitcoin', saya pikir itu hanyalah sebuah koin hadiah atau semacamnya.

Tapi sekarang saya menyebut bitcoin sebagai mata uang digital atau cryptocurrency no. 1 di dunia, mengapa saya sebut demikian? akan saya bahas satu per satu secara ringkas di artikel ini.

Sejarah Bitcoin

Bitcoin pertama kali diperkenalkan oleh seorang yang mengaku bernama Satoshi Nakamoto pada 3 Januari 2009. Namun sampai sekarang belum diketahui secara jelas siapa Satoshi Nakamoto ini. Pada awal perilisannya, bitcoin tidak memiliki nilai dan pada saat ini (awal 2018) bitcoin sudah diatas angka 200 juta rupiah per satuan bitcoin dan akan terus bertambah. Pada awalnya ada 50 blok bitcoin yang terbentuk setiap 10 menit.

Setelah 210.000 blok terbentuk maka jumlah blok yang terbentuk akan berkurang sebesar setengahnya, dan ini terjadi setiap 4 tahun. Dan saat bitcoin mencapai jumlah 21 juta (sekitar tahun 2140) maka tidak ada lagi bitcoin yang dihasilkan sejak saat itu.

Sistem Cara Kerja Bitcoin

Bitcoin tidak menggunakan sistem perbankan layaknya mata uang biasa, melainkan menggunakan sebuah teknologi yang dinamakan Blockchain.

Apa itu blockchain? sederhananya blockchain ini seperti bank atau pihak perantara jika kita mengirim uang, namun blockchain tidak dikelola oleh siapapun (tidak seperti bank yang sistemnya terpusat dan dikelola suatu pihak). Blockchain memiliki sistem desentralisasi alias menyebar, sehingga semua informasi didalamnya (seperti transaksi, aset dan semacamnya) dapat dilihat oleh semua orang di seluruh dunia.

Sehingga tidak ada yang bisa memanipulasi apalagi menghapus catatan transaksi atau data didalamnya karena semua orang memilikinya. Jika ingin melakukannya, kalian harus meng"hack" jutaan komputer di dunia dengan enkripsi yang canggih secara bersamaan. Menurut saya blockchain adalah teknologi keuangan digital masa depan.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Di dalam blockchain (seperti yang sudah saya bahas tadi) terdapat banyak sekali transaksi. Transaksi ini memerlukan validasi, dan semua orang bisa memvalidasi transaksi ini. Mereka menggunakan komputer yang canggih untuk berlomba memecahkan algoritma (atau semacamnya) untuk memvalidasi transaksi tersebut, dan yang berhasil akan diberi hadiah berupa bitcoin. Pekerjaan ini disebut juga 'mining bitcoin'.

Jika kita ingin melakukan transaksi di bank maka kita dikenakan biaya yang cukup besar. Tidak dengan blockchain, biayanya sangat rendah bahkan gratis tidak seperti bank pada umumnya.

Anda juga bisa memperjualbelikan dan menginvestasikan uang anda dengan bitcoin. Menurut saya ini sama seperti investasi emas, bahkan lebih besar.

Jika kita tidak memiliki komputer canggih seperti para miner dan tidak memiliki modal untuk membeli dan menginvestasikan bitcoin, tidak usah khawatir. Banyak perusahaan yang memiliki ratusan komputer canggih untuk mencari bitcoin dan mereka menyewakan komputer itu di web mereka layaknya hosting website. Banyak yang menyediakannya secara gratis, jadi hanya perlu koneksi internet saja. Berikut ini beberapa website untuk mining bitcoin.

1. Freebitcoin
Kalian diharuskan menekan tombol roll setiap jamnya untuk mendapatkan bitcoin dan berpeluang mendapatkan jackpot. klik DISINI untuk mendaftar.

2. Moon Bitcoin
Sama seperti freebitcoin, namun kalian bisa menekan tombol claim setiap 5 menit. Klik DISINI untuk mendaftar.

3. BestChange
Kalian bisa claim minimal setiap 60 menit sekali dan mendapat 10 sampai 1000 satoshi. Klik DISINI untuk mendaftar.

Sebelumnya kalian harus memiliki bitcoin wallet atau dompet bitcoin untuk menyimpan bitcoin yang kalian dapatkan. Kalian bisa membuat wallet di bitcoin.co.id

Keuntungan Menggunakan Bitcoin

Seperti yang sudah saya jelaskan panjang lebar diatas. Ada banyak sekali keuntungan yang didapat jika kita menggunakan bitcoin. Berikut beberapa keuntungannya.
  • Memudahkan transaksi kemana saja tanpa perantara pihak ketiga
  • Sangat aman karena menggunakan kriptografi dalam bertransaksi
  • Transparan, anda dapat melihat jumlah bitcoin yang dimiliki pengguna tertentu
  • Sarana investasi yang sangat bagus, karena bitcoin semakin langka dan permintaannya terus meningkat
  • Biaya transaksi sangat kecil bahkan sampai nol
Dan sampai saat ini saya belum menemukan kerugiannya, selama anda bisa mengakses internet.

Kesimpulan

Singkat saja, Bitcoin adalah mata uang virtual (non fisik) yang beredar di dunia digital dan dikembangkan mulai tahun 2009. Blockchain adalah teknologi yang mendasari bitcoin.

Jika ada yang salah atau ingin menambahkan bisa isi kolom komentar, karena saja juga masih baru dalam dunia bitcoin ini. Untuk kedepan saya akan membuat tips atau tutorial seputar bitcoin. Klik subscribe dibawah ini untuk mendapatkan informasi-informasi baru tentang bitcoin. Sekian, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

2 Responses to "Apa Itu Bitcoin?"

  1. yaps benar sekali Bitcoin merupakan salah satu bentuk dari mata uang virtual cryptocurency

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau lebih tepatnya mata uang termahal di dunia saat ini hehe

      Delete

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]