Cara Mengatasi Kartu E-Money yang Rusak dan Tidak Terbaca - Zals Tekno

Cara Mengatasi Kartu E-Money yang Rusak dan Tidak Terbaca

gambar

Zals Tekno - Sekarang e-money atau uang elektronik sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat bahkan menjadi keharusan untuk beberapa fasilitas umum seperti tol, KRL, maupun fasilitas lainnya. Uang elektronik ini juga bisa digunakan sama seperti uang biasa untuk alat pertukaran, bahkan lebih efisien karna kita dapat menyimpan sejumlah uang dalam hanya 1 kartu saja.

Namun, pernahkah anda berpikir bagaimana seandainya kalau kartu ini rusak entah disengaja maupun tidak disengaja? apakah uang didalamnya akan hilang begitu saja? atau bahkan anda sudah mengalami ini lalu menuju ke artikel ini? Oke, anda berada di artikel yang tepat.

Pertama kita kenali dulu beberapa jenis kartu e-money yang ada di Indonesia beserta Bank yang mengeluarkan, beberapa diantaranya yaitu: E-Toll (Mandiri), Indomaret Card (Mandiri), Gaz Card (Mandiri), Flazz (BCA), TapCash (BNI), BRIZZI (BRI), Blink (BTN).

Sebagai contoh saya memiliki kartu e-Toll dari Bank Mandiri yang rusak atau patah seperti gambar dibawah.

gambar


Langkah-Langkah Mengatasi e-Money Rusak dan Tidak Terbaca


1. Perhatikan kartu anda yang rusak atau tidak bisa terbaca, lihat nomor pada pada kartu anda, berikut beberapa contoh letak nomor pada kartu e-money milik saya

gambar


2. Pastikan semua nomor dapat terbaca, karna kalau tidak terbaca maka anda tidak bisa melanjutkan langkah berikutnya alias ikhlaskan saja uang anda


3. Siapkan KTP dan buku tabungan jika anda memiliki rekening di bank tersebut atau siapkan KTP saja jika anda tidak memiliki rekening/tabungan di bank dimana e-money anda dikeluarkan. Contoh saya hanya menyiapkan KTP karna saya tidak memiliki rekening di Bank Mandiri.


4. Pergi ke kantor cabang bank terdekat (bank dimana kartu anda dikeluarkan) lalu temui customer service dan ceritakan masalah anda. Sebagai contoh karna kartu e-Toll (Bank Mandiri) saya rusak maka saya pergi ke kantor cabang Mandiri terdekat.


5. Selanjutnya permintaan anda akan diproses, biasanya uang dalam kartu e-money anda yang rusak akan dikembalikan tunai atau cash kepada anda dalam waktu sekitar 1-2 minggu.



Itulah cara mengatasi kartu e-money atau uang elektronik yang rusak dan tidak dapat terbaca. Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

2 Responses to "Cara Mengatasi Kartu E-Money yang Rusak dan Tidak Terbaca"

  1. Saya punya etoll indomart card mandiri..datang ke bank mandiri kcp citeureup diminta struk waktu pengisian,padahal struk udah 3 minggu hilang..pihak bank bilang tidak bisa ambil uang jika struk ga ada..lumayan isinya 450 ribuan

    ReplyDelete
  2. Sy tanya apakah ada cara lain selain dgn struk pengisian,dibilang ga ada cara lain,padahal nomor di kartu masih jelas

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]