Cara Mengatasi Kartu e-Money yang Rusak dan Tidak Terbaca

gambar
Zals Tekno - Sekarang e-money atau uang elektronik sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat bahkan menjadi keharusan untuk beberapa fasilitas umum seperti tol, KRL, maupun fasilitas lainnya. Uang elektronik ini juga bisa digunakan sama seperti uang biasa untuk alat pertukaran, bahkan lebih efisien karna kita dapat menyimpan sejumlah uang dalam hanya 1 kartu saja.

Namun, pernahkah anda berpikir bagaimana seandainya kalau kartu ini rusak entah disengaja maupun tidak disengaja? apakah uang didalamnya akan hilang begitu saja? atau bahkan anda sudah mengalami ini lalu menuju ke artikel ini? Oke, anda berada di artikel yang tepat.

Pertama kita kenali dulu beberapa jenis kartu e-money yang ada di Indonesia beserta Bank yang mengeluarkan, beberapa diantaranya yaitu: E-Toll (Mandiri), Indomaret Card (Mandiri), Gaz Card (Mandiri), Flazz (BCA), TapCash (BNI), BRIZZI (BRI), Blink (BTN).

Sebagai contoh saya memiliki kartu e-Toll dari Bank Mandiri yang rusak atau patah seperti gambar dibawah.

gambar


Langkah-Langkah Mengatasi e-Money Rusak dan Tidak Terbaca


1. Perhatikan kartu anda yang rusak atau tidak bisa terbaca, lihat nomor pada pada kartu anda, berikut beberapa contoh letak nomor pada kartu e-money milik saya

gambar

2. Pastikan semua nomor dapat terbaca, karna kalau tidak terbaca maka anda tidak bisa melanjutkan langkah berikutnya alias ikhlaskan saja uang anda


3. Siapkan KTP dan buku tabungan jika anda memiliki rekening di bank tersebut atau siapkan KTP saja jika anda tidak memiliki rekening/tabungan di bank dimana e-money anda dikeluarkan. Contoh saya hanya menyiapkan KTP karna saya tidak memiliki rekening di Bank Mandiri.


4. Pergi ke kantor cabang bank terdekat (bank dimana kartu anda dikeluarkan) lalu temui customer service dan ceritakan masalah anda. Sebagai contoh karna kartu e-Toll (Bank Mandiri) saya rusak maka saya pergi ke kantor cabang Mandiri terdekat.


5. Selanjutnya permintaan anda akan diproses, biasanya uang dalam kartu e-money anda yang rusak akan dikembalikan tunai atau cash kepada anda dalam waktu sekitar 1-2 minggu.



Itulah cara mengatasi kartu e-money atau uang elektronik yang rusak dan tidak dapat terbaca. Jangan lupa subscribe blog Zalstekno.com dengan cara mengisi email anda dibawah artikel ini untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru dan menarik seputar pc, android, gadget dan teknologi lainnya. Semoga bermanfaat.

36 komentar untuk "Cara Mengatasi Kartu e-Money yang Rusak dan Tidak Terbaca"

  1. Saya punya etoll indomart card mandiri..datang ke bank mandiri kcp citeureup diminta struk waktu pengisian,padahal struk udah 3 minggu hilang..pihak bank bilang tidak bisa ambil uang jika struk ga ada..lumayan isinya 450 ribuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa coba ke kantor cabang lain kak, karena sesuai pengalaman saya itu hanya butuh ktp dan buku tabungan, kalau tidak punya buku tabungan bisa pinjam ke teman atau saudara :)

      Hapus
  2. Sy tanya apakah ada cara lain selain dgn struk pengisian,dibilang ga ada cara lain,padahal nomor di kartu masih jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nomor di kartu masih jelas bisa terbaca, setau saya bisa bro walaupun gaada struknya, mungkin bisa dicoba di kantor cabang yang lain :D

      Hapus
  3. kartu etoll saya tidak terbaca dinfc dan saya isinya pun melalui tokped apa bisa ditarik juga mas? soalnya etoll saya bukan milik pribadi tapi punya orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas, selama nomor kartunya masih terbaca jelas. Bisa ikuti langkah atau step di atas :)

      Hapus
  4. Saya ingin keluar toll memakai e money
    Tp tidak bisa"... Petugas y bilang tidak terbaca. Padahal top up y masih ada. Penyebab y kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada masalah di kartu e-moneynya, bisa langsung ke bank yang bersangkutan mas untuk dicairkan atau dipindah ke kartu baru :)

      Hapus
  5. Apakah yang kartu indomaret bisa juga di cairkan dana nya.

    Atau bisa ga di ganti kartu baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mas kalau ada masalah di kartunya, bisa langsung ke bank yang bersangkutan untuk dicarikan dana nya :D

      Hapus
  6. kartu saya mndiri.patah sedikit mas.tp tidak bsa d gunakan.saldo satu juta lebih.apakah bsa d cairkan mas kartu kita patah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas pakai cara diatas, karna kartu saya juga pernah patah dan kebetulan mandiri juga :)

      Hapus
    2. bisa dong. datang aja ke kantor

      Hapus
  7. E-money saya g bs dipakai SDH ke bank malah sampai skg tdk ad tanggapan lumayan isi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bank apa ya kalo boleh tau? sepengalaman saya di bank mandiri sih bisa balik saldonya ke rekening :D

      Hapus
  8. Minggu lalu kartu e money sy isi lg 50rb, kemudian sy coba msk tol tp digardu tidak bisa terbaca, gmn solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba cara diatas ya bro untuk mencairkan saldonya, nanti setelah itu bisa beli kartu baru :D

      Hapus
  9. Etoll saya gunakan perjalanan berangkat ke batang dari solo masih bisa ketika pulangnya tidak bisa terbaca,, padahal itu belum selang hari... Apakah bisa di perbaiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diuangkan dengan cara diatas ya gan, setelah itu bisa beli kartu etoll yang baru :)

      Hapus
  10. E-toll saya patah bisa ga saldonya di pindahkan ke kartu yang baru saya beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. gabisa langsung dipindahkan mas, harus ke kantor cabang dulu dan uangnya dimasukkan rekening, baru setelah itu saldonya bisa dimasukkan ke kartu yang baru :)

      Hapus
  11. Kartu indomaret bapak saya selalu ditaroh di mobil dan lumayan panas, pas saya cek dia nggak bisa terbaca di nfc 2 hp yang berbeda, apakah itu rusak dan kalau rusak apakah bisa diganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa coba dicek di gerai seperti indomaret untuk memastikan, dan kalau rusak bisa dicairkan melalui bank yang tertera di kartu indomaretnya (mandiri), asal nomor kartunya masih terbaca :)

      Hapus
  12. E money mandiri saya juga eror.. sy juga sdh ke bank nya sudah buat surat permintaan refund ke rekening saya.. ini udh 2 minggu blm ada progress.. saya coba cek ke CS yg handle kmrn by WA tpi blm ada respon 🤦‍♂️

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya dicek kembali langsung ke bank / kantor cabang lagi bro, karena CS tidak hanya melayani 1/2 orang per hari :)

      Hapus
  13. Kemarin tgl 14.2.22 baru aja urus kartu yg ga bisa kebaca. Kata CS nya sore atau besoknya lgs bs masuk rek. saldo di kartunya. Tapi seharian nunggu juga blm masuk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin tunggu 2-3 hari kerja bro, emang kadang ga selalu cepat :)

      Hapus
  14. Apa harus bawa buku tabungan ke bank nya? Kalo bukunya lupa naro gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus bro, kalau lupa atau hilang bisa langsung ke customer service atau satpam bank untuk tanya apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus buku tabungannya :)

      Hapus
  15. kartu e.tol saya ga kebaca , padahal baru ngisi pas waktu mau pergi , eh knp pas di gunakan di tol ga kebaca .. udah nanya ke pihak tol nya harus ganti yg baru , padahal kartu saya blm setahun .

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada kerusakan di dalam kartunya mas jadi tidak terlihat secara fisik, bisa lakukan cara diatas ya untuk memindahkan saldonya :)

      Hapus
  16. Kalo nomornya di kartu sudah tidak terlihat tapi saya punya nomornya karna sering isi dari hp itu apa bisa dikembalikan uang yg ada di emoney?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sesuai penjelasan diatas, tidak bisa. tapi untuk memastikan bisa langsung tanyakan ke kantor cabang atau satpam banknya (biasanya mereka paham, daripada antri lama) :)

      Hapus
  17. Saya punya kartu e toll mandiri patah tp isi nya lumayan, katanya kalo mau pindah saldo harus tau no id nyaa tp di kartu ini gaada tertera no id , sebaiknya bagaimana yaa?

    BalasHapus
  18. Apakah kartu e-toll Indomaret jika rusak atau tidak terbaca apa masih bisa dipakai belanja di Indomaret menggunakan nomer tertera dikartu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa kak, karena untuk melakukan transaksi, kartu e-toll nya harus bisa terbaca

      Hapus

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]