Apa Itu RAM (Random Access Memory) - Zals Tekno

Apa Itu RAM (Random Access Memory)

gambar
Zals Tekno - Di zaman teknologi sekarang ini tentu sebagian besar orang sudah melek teknologi. Banyak dari mereka, mungkin termasuk kamu, yang sering kepo (ingin tahu) tidak hanya sekedar mengenal aplikasi melainkan untuk mengenal lebih jauh tentang komponen-komponen dari suatu perangkat termasuk PC dan Smartphone.

Mungkin kata "RAM" sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Ketika membeli PC baru, membeli hp baru, bermain game, menjalankan suatu aplikasi pasti ada saja yang bertanya tentang masalah "RAM". Supaya kamu gak bingung dan plonga-plongo saat diajak ngobrol tentang RAM, saya akan membagikan beberapa informasi untuk kamu.

Pengertian RAM

Sebelum membahas ini, kamu harus tau dulu kepanjangan dari RAM itu sendiri. Kepanjangan RAM adalah Random Access Memori. Adalah sebuah tipe penyimpanan yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap tetapi tidak mempedulikan letak data yang ada di dalamnya (acak). Penyimpanan ini bersifat sementara, tidak seperti penyimpanan tetap yang lain (sebagai contoh: harddisk).

Sejarah dan Jenis-Jenis RAM

Random Access Memory pertama ditemukan oleh Robert Dennard pada tahun 1968. Jauh sebelum penemuan komputer pada 1981. Beliau adalah seorang peneliti dari perusahaan International Business Machines atau dikenal dengan IBM. Dari sini lah memori tipe ini mulai dikembangkan. Berikut Jenis-jenis RAM dilihat dari perkembangannya.

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
Pada tahun 1970 IBM mencipatakan RAM untuk pertama kalinya yang diprakarsai oleh Robert Dennard. RAM jenis ini memiliki kecepatan antara 4,77 MHz sampai dengan 40 MHz.

2. FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM)
Penerus DRAM ini diciptakan pada tahun 1987. FPM sendiri memiliki kecepatan antara 16 MHz sampai dengan 66 MHz.

3. EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory)
EDO DRAM adalah penyempurnaan dari FPM RAM, digunakan oleh komputer dengan prosesor Intel 486 dan juga intel pentium generasi pertama.

4. SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM)
Pada tahun 1996 dan 1997 muncul SD RAM PC 66 yang memiliki kecepatan 66 MHz. Kemudian muncul lagi SD RAM PC 100. Pada tahun 1999, SDRAM PC 133 resmi dijual ke pasaran. Dan akhirnya SDRAM terus ditingkatkan sampai PC 150.

5. RD RAM (Rambus DRAM)
Sering disebut sebagai DRDRAM atau  Rambus Memory, ini adalah jenis ram yang memiliki kecepatan sangat tinggi pada masanya. RAM jenis ini bisa mencapai kecepatan 1 GB/s. Lumayan jauh jika dibandingkan pendahulunya yaitu SD RAM. Namun Rambus RAM ini kabarnya menghilang dari pasaran karena harganya yang terlalu tinggi.

6. DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM)
Pada tahun 1999, perusahaan prosesor terkemuka AMD dan Intel saling bersaing untuk meningkatkan kecepatan prosesornya masing-masing. Tentunya prosesor ini membutuhkan RAM yang juga sebanding. Untuk mengatasi masalah itu maka diciptakan DDR SDRAM atau dikenal dengan RAM tipe DDR1. Biasanya digunakan untuk prosesor pentium III sampai IV.

7. DDR2 SDRAM
Pada tahun 2005 muncul generasi terbaru dari DDR yaitu DDR2. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih baik. RAM ini digunakan dari prosesor Pentium IV sampai generasi Core Duo. RAM tipe ini menggunakan daya 1,8 Volt.

8. DDR3 SDRAM
Pada tahun 2007 muncul lagi generasi selanjutnya yaitu DDR3 SDRAM. Membutuhkan daya hanya 1,5 Volt. Namun saat baru keluar, RAM ini harganya sangat mahal. Barulah pada tahun 2010 saat harga mulai turun banyak yang memburu DDR3 ini. RAM ini digunakan mulai dari prosesor Core Duo sampai Core i7.

9. DDR4 SDRAM
RAM generasi terbaru ini dirilis pada tahun 2014, namun baru bisa digunakan secara luas pada 2015.
Kecepatannya yang paling rendah adalah 2133 Mhz yang merupakan batas tertinggi dari generasi sebelumnya, DDR3.

Fungsi RAM

RAM ini berfungsi mempercepat pemrosesan data pada suatu sistem baik komputer atau yang lainnya, dengan menyediakan ruang penyimpanan sementara. Semakin besar RAM yang dimiliki, maka semakin cepat kinerja sistem tersebut. Data yang disimpan mudah diambil sehingga mempercepat loading data dan program yang diakses.

Cara Kerja RAM

Pada saat komputer dinyalakan, komponen yang paling pertama bekerja adalah prosesor. Tetapi prosesor tidak bisa bekerja sendiri, ia butuh data dari harddisk yang akan diolah nantinya. Tetapi harddisk tidak bisa mengirim langsung ke prosesor karena kecepatannya sangat lambat dibanding prosesor. Disini lah RAM berperan.

Harddisk akan mengirimkan data ini ke RAM ,dan RAM memberikannya langsung ke prosesor karena lebih cepat. Sederhananya, RAM ini seperti distributor yang mengirimkan data dari harddisk menuju prosesor.

Kesimpulan Apa Itu RAM

RAM adalah memori penyimpanan sementara (volatile memory), yang akan kehilangan semua data ketika mati / tidak ada sumber daya. Berfungsi mengirimkan data dari harddisk (penyimpanan) menuju prosesor dan mempercepat pemrosesan data pada suatu sistem.


Nah itu tadi beberapa informasi yang bisa saya sampaikan. Udah gak bingung lagi kan kalau ditanya tentang RAM?. Kalau kamu mau menambahkan atau bertanya silahkan isi kolom komentar dibawah. Sekian, semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapatkan info menarik dan update terbaru:

2 Responses to "Apa Itu RAM (Random Access Memory)"

  1. Jadi inget masa masa ngoprek PC dlu sy mas....jadi tau ada generasi baru ram ddr4....mantap gan

    ReplyDelete
  2. Iya mas.. sekarang yg masih biasa dipakai itu ddr4 ddr3 dan ddr2

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan sopan :)
Komentar yang berhubungan dengan SARA atau semacamnya akan kami hapus
Komentar menggunakan akun anonim tidak akan dijawab atau dianggap spam
Silahkan gunakan name/url jika ingin menggunakan link balik
[Jangan Menggunakan Link Aktif di Komentar]